Nov 13, 2011

Apa Kelebihan BlackBerry

Dari pengamatan saya terhadap teman-teman dan mahasiswa saya, ternyata ada sebagian dari mereka yang keliru memahami kelebihan BlackBerry. Saya sering mendengar, teman2 saya atau bahkan para penjual BB, mengatakan bahwa kelebihan BB yang utama adalah sebagai berikut.

Beberapa jenis BlackBerry



  1. Bisa untuk chatting melalui BlackBerry Messenger atau BBM-an. (Tapi, bukankah hampir semua ponsel dapat dipakai untuk chatting? Lihat misalnya program WhatsApp)
  2. Menggunakan teknologi push-mail untuk pengiriman e-mail, sehingga e-mail akan sampai lebih cepat dibanding pull-mail. (Tapi, bukankah orang yang mengirim e-mail tidak mengharapkan balasan instan alias seketika seperti telpon dan chatting? Dan lagi, sekarang teknologi pull-mail juga hanya selisih beberapa detik saja dalam penyampaian e-mail, jadi saya kira, juga bukan merupakan kelebihan BB lagi bukan?)
  3. Dapat dipakai untuk browsing Internet, dengan teknologi kompresi hingga 1:100. (Tapi, ponsel lain bahkan banyak yang lebih lancar menjalankan isi web kan? Lagian, saya merasa untuk browsing juga tidak wus-wus-wus seperti yang dijanjikan oleh iklannya).
Nah, apalagi yang Anda biasa mendengar kehebatan BB? Menurut saya, sebenarnya kelebihan BB yang tidak dimiliki oleh ponsel lain, kira-kira adalah sebagai berikut:
  1. Aplikasinya terpadu. Anda dapat membuka kontak seseorang, tekan menu, lalu Anda dapat mengirim SMS, PIN, email, menelpon, dan sebagainya. Demikian juga ketika Anda membuka gambar, tekan menu, langsung Anda dapat kirimkan ke FB, Twitter, teman, group, dan sebagainya.
  2. E-mail ada nilai plusnya. Begini. Anda ikut milis teman2 SMP memakai akun Yahoo Anda. Anda mendapat cerita lucu, lalu ingin mem-posting-nya ke milis teman2 SMA, tetapi Anda di sana memakai e-mail lain (katakanlah Gmail). Bagaimana caranya? Kalau dengan BB, buka milis SMP tadi, klik menu Forward, ganti dulu alamat pengirim dengan e-mail Gmail, lalu isikan alamat tujuan ke milis SMA, lalu Send. Sederhana sekali. Kalau dengan pc atau ponsel lain, ribet lah pasti.
  3. Kartu memori dapat dienkripsi agar tidak dapat dibaca perangkat atau BB lain (dari homescreen, klik Options, Security Options, Encryption, atur menjadi Enabled, lalu aturlah informasi di bawahnya). Kalau sudah, klik Save. Dengan aturan ini, file-file di kartu memori Anda tidak dapat dibaca oleh perangkat atau BB lain.
  4. BlackBerry dapat diisi program pengaman seperti Buddy Guard yang dapat diunduh gratis dari AppWorld. Anda dapat mengatur password dan pesan rahasia. Bila karena suatu hal BB Anda terpisah dari Anda, Anda dapat mengirim pesan rahasia dan password (memakai ponsel lain), agar BB Anda menjadi terkunci, membunyikan alarm, atau bahkan menghapus data (wipe). Kalau dengan versi yang berbayar, bahkan Anda dapat melacak lokasi BB Anda.
Nah, kira-kira itu kelebihan BB menurut saya. Mungkin Anda memiliki pendapat lain? Saya tunggu ya. Lain kali akan saya ceritakan kelebihan ponsel iPhone atau Android. Tunggu ya.

2 comments:

  1. pak, saya mau tanya keterangan no 1, semua ponsel kan sudah dapat digunakan untuk chatting? malah pada aplikasi whatsApp, kita tdk perlu add / dlm bahasa BB invite, kontak yg sama2 memakai aplikasi whatsApp otomatis muncul, bahkan menurut saya malah lebih murah, nah bagaimana tanggapan bapak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aplikasi serupa seperti Viber atau LINE juga bisa voice call. android & iOS lebih baik daripada BB. saya pengguna setia android, sekarang nambah BB karena penasaran dan kesal sama orang2 yg maunya apa2 via BBM. saat saya ketinggalan android rasanya seperti sebagian nyawa ini lepas #lebhay :P

      Delete

Artikel terpopuler