Nov 29, 2011

Contacts Sync Samakan Kontak Gmail dan Outlook

Salah satu harta berharga manusia digital seperti kita ini adalah data kontak yang kita simpan di ponsel. Data ini berisi nama-nama teman, sahabat, rekanan, handai taulan, siapa saja. Data kontak ini sebaiknya juga disimpan di komputer dan di Internet, agar selalu terbarukan (updated). Bila data menggunakan ponsel yang sudah diakui oleh Google, Anda dapat melakukan sinkronisasi data kontak langsung ke akun Gmail Anda. Kalau Anda sudah punya data kontak di akun Gmail, Anda dapat menyamakan (sinkronisasi) dengan data di Outlook (versi 2003, 2007, 2010).
     Untuk menyamakan data kontak di ponsel dengan akun di Gmail Anda, masuklah ke alamat m.google.com/sync (kalau ponsel Anda tidak didukung, akan ada pemberitahuan dari Google). Bila perlu diinstal, juga ada pemberitahuan.
     Bila Anda memiliki data kontak di Outlook (ada di komputer berbasis Windows), Anda dapat menyamakan dengan data kontak di akun Gmail Anda, dengan program Contact Sync yang dapat diunduh di sini. Gratis kok. Programnya perlu diinstal dan penggunaannya sangat mudah. Lihat tampilan berikut ini.

Contacts Sync, digunakan untuk sinkronisasi data kontak di Outlook dengan Gmail


Program Contacts Sync memiliki banyak kemampuan, di antaranya adalah:
  • Men-sinkronisasi data kontak dari Outlook (versi 2003, 2007, 2010) ke Gmail dan sebaliknya
  • Memungkinkan Anda memilih folder penyimpanan data kontak di Outlook
  • Mampu membaca semua kontak di Gmail, termasuk di "Other Contacts" atau "All Contacts"
  • Mampu membaca semua alamat email yang Anda kirimi email, tapi akan disimpan tanpa nama. Ini malah jadi agak merepotkan.
  • Membolehkan Anda melakukan sinkronisasi selama jangka waktu (interval) tertentu, apakah setiap 10 menit, 1 jam, dsb, sehingga bila data kontak Anda banyak, lebih terjamin keberhasilannya.
Unduh programnya di sini: http://www.pppinfotech.com/

4 comments:

  1. Sip sip terimakasih infonya.
    Sayangnya di ™ curve 3G 9300 beberapa kontak yg berasal dari beberapa sumber ( gmail + yahoo + hotmail + phonebook ) jadi dobel. Maksudnya, ada duplikasi dari beberapa nama kontak.
    Apakah ada app praktis untuk menghapus nama kontak yang dobel dobel itu ? Kalo menghapusnya satu persatu .... Capeek deh !! Terimakasih :))

    ReplyDelete
  2. Saya juga belum nemu mas, apalagi kl sumber datanya memang bervariasi dari FB, G+, dan BB sendiri. Tapi kl di BB sebenarnya bisa dipilih kontak yg di-sync dgn email tertentu kok, misal via akun gmail Anda. Coba buka salah satu kontak, lalu lihat di-sync via email mana...nanti kan ada infonya....

    ReplyDelete
  3. mungkin Anda dapat mencoba EVO Kolaborator untuk Outlook, tidak hanya sinkronisasi google kontak tetapi juga kalender prospek Anda. dan bekerja sangat baik.

    http://kalendersync.blogspot.com/2014/09/cara-menggabunkan-kontak-gmail-dan.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pak Rudi! Saya juga sudah mulai menggunakan EVO Collaborator untuk Outlook skg. Saran bapak top deh

      Delete

Artikel terpopuler