Nov 26, 2011

Samsung Note: Terlalu Kecil atau Terlalu Besar?

Ketika Samsung mengedarkan Samsung Galaxy Tab 7 dengan layar berukuran 7", banyak yang berpendapat terlalu besar untuk sebuah ponsel, namun terlalu kecil untuk sebuah tablet PC. Samsung kemudian melanjutkannya dengan generasi tablet yang lebih luas, yaitu Tab 10.1" dan Tab 8.9". Publik pun dipersilakan memilih ukuran yang paling pas, karena sudah ada tiga ukuran. Tablet merek lain cuma tersedia satu ukuran. Kini Samsung melahirkan sebuah produk baru lagi, Samsung Galaxy Note dengan ukuran layar 5,3". Nah, bagaimana? Untuk sebuah ponsel, ini adalah ukuran paling luas. Untuk sebuah tablet, ini adalah ukuran terkecil. Ukuran ini sebanding dengan Dell Streak yang jelas ditujukan sebagai sebuah tablet PC. Lalu apa keistimewaan seri GT-N7000 ini?

Samsung Galaxy Note, ponsel lebar atau tablet kecil?
     Layar berukuran 5,3" merupakan ukuran layar paling luas dibanding layar ponsel lainnya. Paling mendekati hanya layar HTC Sensation yang berukuran 4,7". Tampilan sudah menggunakan layar Super AMOLED dan capacitive touchscreen. Resolusi layar 1,280x800 atau 285 pixels per inch (ppi). Kualitas ini belum setajam layar iPhone 4 dan 4S yang mencapai 326 ppi. Namun Anda tidak mudah membandingkan kualitas kedua merek ini dengan mata telanjang.
     Bodi relatif tipis karena kurang dari 1 cm, tepatnya 9,7 mm. Dimensi bodi 146.85 x 82.95 x 9.65 mm, lebih luas dibanding Galaxy S-II yang berukuran 125.3 x 66.1 x 8.49 mm for the GS II. Bobot Note 178 gram, lebih berat sedikit dibanding S-II yang berbobot 116g.
     Prosesor Note termasuk yang paling gegas, karena menggunakan dual-core processor 1.4 GHz. Di bagian depan terdapat kamera untuk video call berukuran 2 MP sedang kamera di bagian belakang mampu menangkap gambar hingga 8 MP. Dengan kamera ini Anda dapat merekam video berkualitas HD 1080 piksel 30 fps HD. Sudah lebih dari cukup untuk menggantikan video kamera lama Anda.
     Samsung Note dilengkapi dengan stylus S sehingga Anda dapat dengan mudah menunjuk bagian-bagian kecil, misalnya menu atau pilihan pada sebuah web. Dengan stylus ini Anda dapat membuat catatan dengan Memo. Penggunaan stylus atau pena tak bertinta ini sebenarnya bagian dari masa lalu, ketika PDA mulai dikenalkan ke pecinta gadget.

Prosesor Note mengalahkan ponsel Android lainnya.
     Sistem operasi yang digunakan adalah Android 2.3 Gingerbread, berarti Note cenderung masuk ke kelompok ponsel, karena kalau masuk ke kelompok tablet, akan menggunakan Android 3.0 Honeycomb. Sudah tentu perbedaan ini tidak begitu terasa, karena aplikasi yang ada di dalamnya toh sama saja. Hanya luas layar yang membedakannya.
     Di Internet, gadget ini dijual seharga antara Rp6,4 - 6,9 juta. Berbagai kecanggihan di atas harus dibayar mahal. Baterainya hanya mampu bertahan 12 jam untuk pemakaian sangat aktif.

Untuk ulasan lebih lengkap, kunjungi Crave, Cnet UK, Engadget, atau lain-lainnya :-)


5 comments:

  1. nice info gan, pengen beli, tapi mending nunggu diskon 50% :)

    ReplyDelete
  2. Atau program cicilan 12x atau 24x bunga 0% :-)

    ReplyDelete
  3. Nice Info Pak.. Pengen beli, belum kesampaian. hehehe.. Beliin ya Pak.. :)

    ReplyDelete
  4. pengen beli tapi blm punya duit,,hehe

    ReplyDelete
  5. keren.. nice info pak, pengen beli tapi kapan yah diskon 100%nya? hehe :)

    ReplyDelete

Artikel terpopuler