Jan 22, 2012

Sinkronisasi Kalender antara Android dan Gmail

Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh ponsel pintar, termasuk ponsel dan tablet berbasis Android, adalah pencatatan kalender. Anda dapat memasukkan jadwal kegiatan Anda ke dalam ponsel atau tablet. Namun alangkah lebih baik bila data kalender di ponsel atau tablet, disinkronisasi dengan data kalender di Gmail. Apabila data kalender dapat disinkronkan ke Gmail, maka dapat disinkronkan pula ke perangkat lain, misalnya ke iPhone dan BlackBerry.

Gbr 1. Kalender di akun Gmail Anda dapat disinkronkan dengan ponsel atau tablet Android.


     Cara untuk mensinkronkan kalender di ponsel atau tablet berbasis Android dengan kalender di Gmail adalah sebagai berikut. Pada contoh berikut ini digunakan Samsung Galaxy Tab 8.9" dengan OS Android bawaan (versi 2.3).
  1. Buat akun email di Gmail. Tidak perlu dijelaskan di sini bukan? Lebih nyaman kalau Anda membuat akun Gmail di komputer PC.
  2. Di tablet PC, klik Settings, Accounts and sync, lalu klik +Add Account, klik Google Accounts, lalu masukkan akun email dan password Anda, lalu klik Sign In. (Bila Anda sudah melakukan ini sebelumnya, langsung ke langkah 3).
  3. Klik menu Account and sync, pilih akun yang akan Anda sinkronkan kalendernya dengan tablet PC Anda. Di layar akan muncul tampilan seperti pada Gbr 2.
  4. Beri tanda centang pada pilihan Sync Calendar. Pada pilihan yang lain, hapus saja tanda centangnya (bila Anda ingin mensinkronkan item lain, tinggal beri tanda centang juga).
  5. Tekan Home untuk kembali ke layar depan. Anda sudah selesai mengatur sinkronisasi kalender di tablet PC Anda dengan kalender di akun Gmail Anda.
Gbr 2. Beri tanda centang pada Sync Calendar saja.

    Selanjutnya, setiap kali Anda mengisi jadwal di akun Gmail melalui PC akan tersinkron ke ponsel atau tablet Android Anda. Demikian pula sebaliknya, setiap kali Anda mengisi jadwal kegiatan melalui ponsel atau tablet Android, data kalender di komputer PC Anda otomatis akan ter-update (dengan catatan, PC Anda harus terhubung ke jaringan Internet).

Artikel terpopuler