Feb 7, 2012

Buku Menguasai iDevice

Menggunakan smartphones tidak selalu mudah bagi setiap orang. Mungkin banyak pemilik ponsel pintar yang menganggap dirinya sudah cukup paham dengan "senjata digital"-nya itu. Namun di antara mereka, masih banyak yang menggunakan ponselnya dengan cara "sesuai dengan kemampuan saya" dan belum dengan "sesuai kemampuan ponsel". Salah satu ponsel pintar yang saat ini memiliki penggemar tersendiri adalah iPhone buatan Apple. iPhone juga ditemani oleh iPad (yang tergolong sebagai komputer berbentuk tablet, atau sabak digital), dan iPod (pemutar multimedia yang sangat mirip dengan iPhone, baik bentuk maupun kemampuannya, kecuali dalam hal teleponi). Ketiga perangkat tersebut dikenal dengan nama iDevice.
     Bulan Februari 2012 ini telah terbit buku yang berjudul "Menguasai iDevice: iPod, iPhone, iPad", karangan Wing Wahyu Winarno dan penerbitnya adalah Elex Media Komputindo. Buku seharga Rp47.800 ini terdiri atas 10 bab yang tersebar ke 237 halaman.

Buku Menguasai iDevice karya Wing Wahyu Winarno

    
Bab 2 menguraikan cara menggunakan iPod dan iPhone, mulai dari membuat Apple ID, melakukan registrasi, sampai memperbarui sistem operasi iOS dan membuat backup. Bab 3 menjelaskan tentang jailbreak, serta alasannya. Selama ini orang beranggapan bahwa jailbreak identik dengan pembajakan, padahal bukan itu alasan perlunya jailbreak. Salah satunya adalah untuk menambah kemampuan iDevice, agar ikonnya tidak hanya dapat digeser kekiri-kekanan, tetapi juga dapat dibuat ke atas-ke bawah. Bab 4 membahas cara menginstal aplikasi, baik langsung melalui iPod/iPhone maupun melalui komputer.
     Bab 5 dan Bab 6 khusus membahas mengenai iPad dan iPad 2. Bab 5 menguraikan cara penggunaan iPad, baik vesi 3G maupun yang versi wi-fi saja. Sedangkan upacara melakukan jailbreak dibahas di Bab 6. Seperti pada Bab 3, Bab 6 ini membahas perbedaan antara tethered jailbreak dan untethered jailbreak. Tethered jailbreak memerlukan PC atau Mac setiap kali iDevice di-booting, sedangkan untethered tidak memerlukan PC atau Mac ketika iDevice di-booting. Itulah sebabnya pengguna iDevice lebih memilih untethered jailbreak.
     Bab 7 menunjukkan contoh-contoh aplikasi, dengan membagi tiga kelompok, yaitu aplikasi untuk iPhone, aplikasi untuk iPad, dan aplikasi yang perlu diinstal di PC atau Mac. Bab 8 mengajak pembaca untuk menjadikan iPhone 3GS dan iPad 3G Anda sebagai pemancar wi-fi (wi-fi router). Bab 9 buku ini membahas berbagai perangkat tambahan yang dapat meningkatkan penggunaan atau kinerja iDevice Anda dan Bab 10 menunjukkan berbagai bacaan yang dapat menambah wawasan maupun keterampilan pemilik iDevice.

Artikel terpopuler