Feb 10, 2012

Mengatasi CPU 100% pada Windows

Apakah Anda pernah atau malah sering merasakan komputer berbasis Windows Anda sangat lambat kerjanya? Bahkan ketika Anda tampilkan Task Manager dengan menekan Ctrl Alt Del, terlihat bahwa CPU sedang terpakai pada kapasitas maksimum 100%! Kalau sudah begitu, jangankan disuruh menjalankan aplikasi, Anda gerakkan mouse saja komputer tidak mau bereaksi. Sebenarnya Anda dapat mengurangi beban CPU dengan mematikan beberapa aplikasi. Namun yang saya alami, aplikasi yang menyita CPU justru aplikasi yang sedang saya gunakan, yaitu Windows Explorer, Firefox, dan kadang adalah Ms Word.

Process Lasso dapat mencegah CPU 100%
     Saya sudah mencoba mencari solusinya kesana kemari, termasuk membuang aplikasi Windows yang jarang saya gunakan, menginstal ulang dan mengupgrade aplikasi, bahkan sampai menginstal ulang Windows. Namun cara itu hanya memberi hasil 1-2 hari saja, karena setelah itu akan kembali lagi masalah yang sama: CPU terpakai 100% untuk waktu yang tidak diketahui sampai kapan. Namun kini saya telah menemukan solusi yang lumayan ampuh, yaitu dengan menginstal aplikasi yang bernama Process Lasso (dapat diunduh di bitsum.com).


     Salah satu kelemahan Windows pada semua versi adalah tidak dapat mengendalikan aplikasi yang menguasai CPU hingga 100%. Memang ada aplikasi yang hobinya mengganggu seperti ini, biasanya malware. namun tidak jarang, aplikasi legal pun tiba-tiba memenuhi CPU hingga 100%. Apabila ini terjadi, Anda hanya bisa sabar menunggu sampai aplikasi tersebut melepaskan kekuasaannya terhadap CPU, atau, Anda matikan komputer secara paksa.
     Aplikasi Process Lasso akan mencegah kalau ada aplikasi yang akan memakan memori berlebihan, sehingga kini Anda tidak akan jengkel lagi karena kecepatan komputer Anda tiba-tiba sangat lambat.


Artikel terpopuler