Feb 12, 2012

Mengatasi System Error 200 dan 507 di BlackBerry

Read:

Pernahkah BlackBerry Anda mengalami Error 200 atau Error 507 seperti tampilan di bawah ini? Mungkin juga Anda mengalami kesalahan sejenis lainnya. Kesalahan ini bisa terjadi setelah Anda membuat backup data, mengupdate salah satu aplikasi, atau mungkin mengupdate sistem operasi BB Anda tetapi tidak selesai. Kalau Anda pernah mengalami masalah di atas, mungkin Anda akan bingung setengah mati, karena tiba-tiba BlackBerry Anda tidak bisa dihidupkan lagi. Padahal BB sudah menjadi jimat Anda sehari-hari. Bagaimana solusinya? Sebenarnya tidak sulit, namun juga tidak terlalu mudah. Coba ikuti petunjuk berikut ini.

Contoh Error di BlackBerry (200 dan 507)


      Error 200 atau Error 507 dapat terjadi pada waktu Anda menginstal atau meng-upgrade aplikasi, atau juga sistem operasi BlackBerry Anda. Error ini menyebabkan BB Anda tidak dapat lagi dihidupkan. Program aplikasi agaknya juga tidak menjadi solusi, karena aplikasi di PC biasanya memerlukan BlackBerry dihidupkan, disambung ke PC, dan dikenali oleh PC.
     Beginilah kira-kira cara mengatasi masalah system error seperti di atas.
  • Pastikan PC Anda sudah diinstal aplikasi bawaan BB, yaitu Desktop Software (dulu disebut Desktop Manager). Aplikasi ini dapat diunduh di sini.
  • Pastikan Anda sudah mengunduh sistem operasi yang akan Anda instal di BB Anda. Unduh sistem yang sesuai dengan BB dan kalau perlu sesuaikan dengan operator seluler Anda di sini. Setelah diunduh, instal ke PC Anda dengan mengklik ganda.
  • Siapkan kabel data penghubung BlackBerry Anda ke PC. Jangan hubungkan dulu BB dan PC Anda.
  • Lepaskan baterai BB Anda dan bila perlu kartu SIMnya.
  • Bila Anda menemui Error di atas, sudah terlambat bagi Anda untuk membuat backup terhadap data yang ada di dalam BB Anda. Semua yang ada di dalam BB Anda akan ditimpa dengan sistem yang akan Anda masukkan ke BB. Berita baiknya, isi kartu memori eksternal yang ada di BB, tidak akan diutak-atik, jadi masih tetap utuh setelah proses berikut ini.
Kini Anda telah siap? Baik, segera ikuti langkah-langkah berikut ini.

1.  Pada PC Anda, jalankan Windows Explorer dan masuklah ke folder C:\Program Files\Common Files\Research in Motion\AppLoader. Carilah file yang bernama Loader.exe (lihat Gbr 2).

Gbr 2. Jalankan aplikasi Loader.

2. Di layar akan muncul tampilan yang mirip dengan Gbr 3, tapi kotak koneksi masih kosong. Hubungkan BlackBerry Anda (ingat, tanpa baterai di dalamnya!). Tunggulah beberapa detik, LED di BB akan menyala merah, dan kotak koneksi di layar PC akan segera terisi seperti pada Gbr. 3.

Gbr 3. Tampilan AppLoader sebelum BB yang error dikoneksi ke PC.
3. Setelah muncul PIN BB yang dikoneksi ke PC, segeralah klik Next (Anda hanya punya waktu kurang dari 10 detik). Bila Anda berhasil, di bawah informasi PIN, akan ditampilkan pesan-pesan seperti pada Gbr 4. Bila Anda gagal, harus mengulangi lagi dari langkah 1.

Gbr 4. Setelah diklik Next, akan muncul beberapa pesan, mulai dari pesan di atas.

4. Selanjutnya Anda diminta memilih aplikasi apa saja yang akan diinstal di dalam BB Anda. Tampilannya tampak seperti pada Gbr 5.

Gbr 5. Pilih aplikasi yang akan Anda instal. Cukup klik Next juga bisa.

5. Sekarang pasang baterai BB dan klik Next. Tunggulah sampai proses selesai.

Selanjutnya, BlackBerry Anda akan menempuh hidup baru lagi, seperti ketika Anda keluarkan dari boksnya. Silakan atur kembali setting yang diperlukan. Kalau Anda sudah membuat backup data dan aplikasinya, restore-lah dengan program Desktop Software. Kalau Anda membuat backup dengan benar, kini BlackBerry Anda sudah seperti beberapa jam yang lalu, dengan kondisi yang lebih sehat :-)