Mar 23, 2012

FileScout: Bisa Menambah Memori BlackBerry

Salah satu masalah yang sering dirasakan oleh pengguna BlackBerry adalah kinerja BB yang lambat. Hal ini disebabkan karena memori RAM BB semakin lama semakin penuh. Apabila versi BB Anda memiliki memori hanya 256 MB, kondisi BB melambat ini lebih sering Anda jumpai, bahkan setiap hari akan terjadi. Untuk mengurangi memori, bisa dilakukan dengan beberapa cara, meskipun tidak mujarab. Misalnya: (1) dengan menekan Alt-LGLG dari layar depan, (2) dengan menjalankan aplikasi bawaan Shredder, (3) menghapus cache pada kegiatan browsing Anda, yaitu pada menu browser BB, klik Options, geser kursor ke bawah, beri tanda centang pada Cache, lalu klik pilihan Clear Now. Langkah-langkah tersebut paling hanya mengurangi pemakaian memori sekitar 100-300 KB. Ada langkah yang lebih jitu, yaitu dengan menginstal aplikasi FileScoutLite yang dapat diunduh dari AppWorld.
FileScoutLite: untuk mengelola file di BlackBerry dan kartu memori.


     FileScout disediakan dalam dua versi, yaitu versi Lite yang bersifat gratis, versi Trial yang mirip versi penuhnya tetapi hanya dapat digunakan selama 14 hari, dan versi Full yang berbayar dan semua fungsinya dapat digunakan tanpa batas waktu. Versi Lite memiliki keterbatasan, misalnya tidak dapat menampilkan thumbnail file gambar dan tidak dapat membuka file xml dalam mode teks. Namun yang penting, dapat digunakan untuk membuat direktori baru, memindah file atau direktori, serta menyalin dan menghapus file.
     Salah satu keunggulan FileScout adalah kemampuannya untuk menampilkan direktori dan file Anda, baik yang berada di dalam memori internal BB, maupun di kartu memori. Program Files bawaan hanya dapat membaca kartu memori eksternal dan internal, namun yang memori internal hanya folder /home dan /sample saja yang bisa dibaca, karena folder lainnya diatur tersembunyi. Selain itu, Files juga tidak dapat memilih beberapa file sekaligus, apalagi menyalin dan memindahnya.
     Dengan keunggulannya FileScout itu, Anda dapat memindah atau menghapus file-file yang ada di memori internal (RAM), misalnya ringtones, contoh-contoh gambar (namun tidak dapat dihapus bila Anda menggunakan BB OS versi 5 ke atas), screencapture, dan sebagainya. Hati-hati, jangan sampai Anda menghapus file-file sistem, karena bisa jadi BB Anda tidak dapat digunakan lagi! (Jalan keluarnya: Anda harus menginstal ulang BB OS Anda). Dengan menghapus beberapa file contoh atau bawaan BlackBerry Anda, memori kosong Anda dapat bertambah 10-20 MB, sehingga memori menjadi lebih lega dan semakin jarang lemot lagi.

Artikel terpopuler