Dec 6, 2012

LINE - Aplikasi Chatting Lintas Sistem


Kini muncul aplikasi lain lagi, yang sepertinya lebih hebat dari BBM maupun WhatsApp. Aplikasi tersebut adalah LINE. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai sistem ponsel, seperti Android, BlackBerry OS, iOS, dan Windows Mobile. Sudah barang tentu juga berlaku untuk berbagai jenis tablet PC. Selain itu, Line juga dapat diinstal di komputer berbasis Ms Windows atau MacOS. Akankah BBM dan WhatsApp tenggelam oleh Line?



Line lebih atraktif dibanding BBM & WhatsApp




        Selain dapat dipakai untuk berbual dari berbagai perangkat, aplikasi Line juga menyediakan fasilitas grup seperti pada BBM dan WhatsApp. Namun jumlah anggota grup ini tidak dibatasi 30 orang seperti pada kedua aplikasi terdahulu. Hebatnya lagi, layanan grup juga memiliki fasilitas Board, seperti papan pengumuman, sehingga semua anggota grup dapat membaca pesan itu tanpa terpengaruh oleh waktu. Board dapat diisi tulisan maupun gambar.
        Fitur chattingnya tentu dapat dipakai untuk bertukar pesan atau ikon dan gambar. Bahkan antara para pemakai dapat mengirim stiker. Stiker adalah sekumpulan gambar yang berukuran besar, tidak seperti ikon yang hanya seukuran huruf biasa. Stiker ini dapat disediakan juga oleh pihak ketiga, dengan gambar yang sangat bervariasi dan menarik. Stiker ini akan membuat para pemakai Line betah saling berkirim pesan bergambar.
        Fitur Line yang mengalahkan BBM dan WhatsApp adalah tersedianya aplikasi Line di PC, baik berbasis Ms Windows maupun MacOS. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan Line dari mana saja, komputer, tablet, maupun ponsel. Oh ya, aplikasi Line dapat juga dipakai untuk menelpon antar perangkat, hanya saja belum bisa dari tablet maupun dari komputer. Bahkan dari BB juga masih kesulitan. Meskipun demikian, dari gadget lainnya, dapat dipakai menelpon dengan baik.

Line punya beberapa aplikasi tambahan

        Untuk menjalankan Line memang diperlukan layanan Internet, jadi gadget Anda harus terhubung ke Internet. Layanan Internet ini juga dapat melalui layanan hotspot di tempat publik, atau jaringan Internet di kantor, sekolah, dan warnet. Layanan BlackBerry sudah ada Internetnya, sehingga tidak perlu menambah layanan koneksi Internet. Hanya saja, pastikan Anda menggunakan layanan yang full-service, karena harus menginstal dan menggunakan paket data.
        Kehebatan Line belum berhenti di situ. Masih ada beberapa aplikasi tambahan untuk menambah fungsi Line. Aplikasi tersebut harus diinstal terpisah setelah menginstal Line. Aplikasi tersebut ada yang berbayar dan banyak yang gratis. Sebagai contoh, Line Camera, untuk memotret dan berbagi hasil foto melalui Line. Lalu ada Line Brush, untuk menggambar di layar iPhone, dan pengguna lain menimpali. Ada juga Line Birzzle yang merupakan game online sehingga beberapa pengguna dapat bermain game bersama. Yang tidak kalah serunya adalah Line Card, yang dapat digunakan untuk saling berkirim kartu ucapan digital, baik kartu ulang tahun, kartu pernikahan, dan kartu ucapan selamat lainnya. Bentuknya lucu-lucu dan menarik.
        Aplikasi Line tersedia gratis untuk semua operator. Selain melalui gudang aplikasi masing-masing sistem seperti Google Play, App Store, App World, juga bisa dilihat di situs resminya yaitu line.naver.jp. Kini pengguna Line sudah mencapai 60 juta lebih di 230 negara. Agaknya Line akan menjadi aplikasi komunikasi yang sangat populer untuk tahun depan.

          Namun ada juga masalah dengan Line. Meskipun saya sudah berhasil mencoba Line dari berbagai perangkat dan beberapa seri BlackBerry, tetapi untuk seri Onyx 9700 dengan OS versi 5, selalu muncul pesan ‘Line cannot be closed properly’. (Artikel ini dimuat di SKH KR, edisi Senin, 3 Des 2012 pada rubrik Digital).

2 comments:

  1. Anonymous24/1/13 08:53

    Pak, aplikasi line memang lebih unik dari whatsapp karena free dan ikon2nya menarik akan tetapi dari sisi kecepatan message tidak sebagus bbm and whatsapp, message dikirim pagi kadang tidak sampai or nyampainya telat,sangat tgt kualitas jaringan

    ReplyDelete
  2. Wah, kalau tidak sampai saya belum pernah mengalami. Yang kadang-kadang saya alami hanya tertunda beberapa menit kok. Benar, mungkin sangat tergantung kualitas jaringan komunikasi ya?

    ReplyDelete

Artikel terpopuler