Feb 11, 2014

Telegram: Messenger Pesaing Berat WhatsApp

Salah satu aplikasi messenger yang cukup banyak penggunanya saat ini adalah WhatsApp, karena tersedia untuk berbagai platform, mulai dari Android, BlackBerry OS, iOS, hingga Windows Phone. Namun agaknya kini ada pesaing barunya yang cukup tangguh, yaitu Telegram. Saat ini secara resmi Telegram tersedia untuk ponsel Android dan iOS saja. Untuk pengguna BlackBerry, hanya tersedia untuk OS 10, hanya versi 10.2.1 ke atas yang bisa (aplikasinya tersedia di 1mobile). Sedangkan untuk PC, versi tidak resminya dan masih dalam versi beta, tersedia untuk Linux, MacOS, dan Ms Windows. Selain itu, di Windows Phone juga tersedia. Semua (kecuali versi resminya) dapat diunduh di https://telegram.org/apps. Versi resminya sih dapat diunduh di Google PlayStore (Android) atau AppStore (iPhone).

 
Telegram untuk iPhone


Tampilan untuk ponsel Android tampak pada gambar berikut.

Telegram untuk ponsel Android
Telegram yang versi resminya baru diluncurkan akhir Januari 2014 ini juga tersedia untuk PC (meskipun belum versi resmi), contoh tampilannya untuk Ms Windows seperti pada gambar berikut.

Telegram di PC berbasis Ms Windows

Telegram hampir sama seperti WhatsApp, namun memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah:
1. Lebih menjaga data dan percakapan pribadi, karena tersedia Secret Chat. Setelah selesai mengobrol dan chat ditutup, file-file bekasnya akan dihapus, baik dari ponsel maupun dari server (Wah, bakal susah dilacak KPK dong?).
2. Bisa kirim file/video hingga 1GB (WhatsApp tidak bisa kan? Kecuali film atau gambar dengan ukuran terbatas, 16 MB). WhatsApp bahkan tidak dapat mengirim file, misalnya file aplikasi, atau PPT.
3. Setiap grup bisa menampung 199 anggota, kalau WhatsApp cuma 50 anggota, sedang BBM malah cuma 30 anggota.
4. Bersifat gratis dan relatif gegas kinerjanya. WhatsApp gratis satu tahun pertama saja ya...
5. Ringan dan kapasitas lebih besar, karena file instalnya sekitar 13 MB, kalau WA hampir 40MB
6. Telegram tersedia utk PC (Linux, Mac, Windows), meskipun belum official dan masih versi beta. Silahkan kunjungi langsung ke https://telegram.org/aps. Saya sudah mencoba yang versi Windows dan berjalan dengan baik. Hanya saja, karakter ikonnya yang lucu-lucu seperti di WA tidak tersedia. (Emang di PC juga ada Emoji gak ya?)
7. Versi Windows Phone sudah tersedia di alamat yang sama dengan nomor 6 di atas.

Nah, teman-teman semua, silakan Anda mencoba aplikasi ini. Kalau mau undang saya, ke nomor ini ya: +6289660098529

2 comments:

  1. Nice blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A design like yours with a few simple adjustements would really make my blog shine. Please let me know where you got your theme. Thank you

    ReplyDelete
  2. Thanks for a marvelous posting! I really enjoyed reading it, you happen to be a great author.I will be sure to bookmark your blog and will come back in the foreseeable future. I want to encourage you to ultimately continue your great work, have a nice evening!

    ReplyDelete

Artikel terpopuler