Mar 7, 2014

Acer Iconia W4: PC Rasa Tablet



Anda lagi bimbang, mau beli tablet atau notebook? Tablet PC memang praktis dibawa-bawa, tapi kemampuannya tidak sebanding dengan notebook atau PC. Kalau notebook memang cocok untuk kerja, tetapi tidak praktis dibawa-bawa, apalagi digunakan di luar kantor atau rumah. Harga sih relatif sama. Beberapa waktu lalu, Acer sudah menjawab kebutuhan Anda itu dengan mengenalkan Acer Iconia seri W, yang bersistem operasi Ms Windows versi PC. Hingga seri terakhirnya, yaitu Iconia W3, ada sesuatu yang dirasa kurang oleh para usernya, yaitu kemampuan prosesornya yang setara dengan tablet lain dan kemasannya pun kurang berkelas. Kini Acer telah memperbaiki W3 dengan mengeluarkan seri barunya, yaitu Iconia W4. Anda masih belum yakin dengan PC rasa tablet buatan Acer ini? Mungkin tujuh alasan berikut ini dapat membantu Anda memutuskannya.


Acer Iconia W4 tablet dengan kinerja PC



1.      Iconia W4 adalah sebuah notebook berbentuk tablet, karena menggunakan sistem operasi Ms Windows 8.1 yang juga digunakan untuk notebook atau PC, bukan sistem operasi Ms Windows Mobile seperti pada tablet sejenis lainnya. Waktu booting terhitung gegas, karena hanya 10 detik dan untuk berganti dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya hanya dibutuhkan waktu sekitar 1-2 detik saja. Meskipun berbentuk tablet, Iconia W4 sudah dilengkapi dengan docking yang sekaligus berfungsi sebagai keyboard berukuran penuh, sehingga Anda dapat bekerja seperti halnya menggunakan notebook atau PC.
2.      Iconia W4 dapat diisi aplikasi berbasis Ms Windows versi penuh, misalnya saja sudah ada aplikasi bawaan Ms Office versi Student, yang terdiri atas Ms Word, Ms Excel, Ms PowerPoint, dan Ms OneNote. Aplikasi bawaan lainnya di antaranya adalah OneDrive, Skype, Internet Explorer, dan Xbox Music. Anda pasti juga perlu menginstal aplikasi untuk mengelola ponsel seperti iTunes untuk iPhone/iPad dan Desktop Manager untuk BlackBerry/Playbook. Bila Anda memerlukan program statistik seperti SPSS Amos dan Eviews, tentu tidak masalah dengan tablet berprosesor Intel Atom Z3740 1.33 GHz quadcore ini.
3.       Iconia W4 dilengkapi dengan colokan microHDMI, microSD, dan microUSB, sehingga sangat memudahkan untuk menambah kemampuan tablet mungil nan penuh tenaga ini. Dengan microHDMI, kita dapat menambahkan monitor eksternal, baik TV layar datar yang sekarang sudah murah harganya, atau dikoneksi ke proyektor LCD untuk presentasi. MicroUSB sangat memudahkan kita untuk menghubungkan perangkat lain ke printer untuk keperluan mencetak atau ke CD drive untuk menginstal aplikasi atau menyalin data. Colokan microSD sangat berguna untuk menambah kapasitas simpan bawaan yaitu 32GB atau 64GB.

Acer Iconia W4 dilengkapi dengan docking
4.     Iconia W4 memiliki layar multisentuh lima titik seluas 8 inci yang sudah menerapkan teknologi IPS dan tetap terlihat terang meskipun Anda bawa di bawah sinar matahari. Tampilan layar sudah sangat halus karena menggunakan kerapatan 1280x800 piksel. Dengan kehalusan piksel ini Anda dapat menonton video sekualitas DVD 1080p dengan ketajaman yang tidak berkurang, bahkan dari sudut yang ekstrim. Layar sudah menggunakan standar Gorilla glass sehingga kokoh.
5.      Iconia W4 menggunakan baterai litium polimer 2 sel dengan tenaga 4.960 mAh yang mampu digunakan hingga 8 jam 25 menit. Dengan daya yang cukup tangguh ini, Iconia W4 dapat Anda gunakan untuk memutar video atau berkelana ke Internet melalui koneksi jaringan nirkabel 802.11a/b/g/n. (Kabarnya, versi GSM/3G-nya akan hadir sekitar Maret 2014). Audio dapat Anda nikmati melalui speaker yang terletak di bagian sisi bawah, atau dapat Anda pindah ke speaker eksternal melalui jack stereo standar 3,5 mm.
6.      Iconia W4 berukuran 135 x 219 mm dengan ketebalan 10,8 mm atau 1 cm, hanya berbobot 415 gram, dengan bezel terbuat dari logam yang mengelilingi keempat sisinya. Selain itu, W4 sudah dilengkapi dengan dua kamera, dengan kemampuan masing-masing 5 dan 2 MP. Kinerja kamera terhitung cepat, karena akan siap digunakan dalam waktu kurang dari 2 detik, sehingga Anda dapat segera mengabadikan peristiwa penting di sekitar Anda dengan sigap. Hanya sayang tidak ada blitz sehingga memotret di ruang kurang cahaya menjadi tidak jelas. Sekujur bodinya terbuat dari plastik yang dirancang seperti metal sehingga terlihat mewah, tidak seperti pada pendahulunya yang masih terkesan sederhana.
7.       Iconia W4 tersedia dalam dua versi, yaitu dengan memori 32GB (sekitar Rp5.199.000) dan 64GB. Tentu itu bukan memori yang tersedia untuk user, karena harus dikurangi untuk sistem operasi dan berbagai aplikasi yang ada di dalamnya. Kalau Anda merasa kapasitas itu kurang, masih ada slot microSD hingga maksimum 64 GB, atau ada fasilitas penyimpanan di awan (cloud storage), seperti DropBox, BoxNet, atau Acer Cloud. Semua layanan tersebut juga dapat berbagi file melalui berbagai perangkat, baik ponsel, tablet, maupun notebook berbasis berbagai sistem operasi.
Iconia W4 tampak samping kanan
Kesimpulan
Acer Iconia W4 adalah sebuah PC dengan rasa tablet. Kinerjanya setara dengan PC, karena sistem operasi dan aplikasinya sama persis dengan aplikasi di PC (desktop, notebook, netbook). Prosesornya pun Intel Atom 1.33 GHz quadcore. Di sisi lain, mobilitasnya benar-benar seperti sebuah tablet berukuran 8 inci, dengan layar multisentuh lima titik, kamera depan belakang, dan koneksi ke Internet. Anda dapat menggunakan Iconia W4 seperti PC ketika Anda pasangkan docking-nya yang sudah dilengkapi dengan keyboard. Pada saat Anda sedang rapat, atau menunggu pesawat di bandara, atau melakukan presentasi, Anda dapat menggunakannya sebagai sebuah tablet yang sangat praktis. Anda tidak perlu melakukan konversi berbagai file, seperti yang Anda lakukan ketika Anda bekerja dengan PC dan memindahkan file Anda ke tablet biasa.

Jadi, tunggu apa lagi?

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler