Nov 2, 2014

BBM Android Bisa Menarik Pesan yang Sudah Dikirim

BBM untuk Android baru saja memperbarui fiturnya, yaitu Timed Message dan Retractable Message. Timed Message adalah pesan yang dikirim tetapi dibatasi hanya dapat dibuka selama beberapa detik saja. Ketika pesan terkirim, penerima hanya melihat pesan "Ada pesan berwaktu". Untuk membukanya, Anda harus menekan terus pesan itu, jangan dilepas sambil membaca pesan itu. Waktu terlama yang disediakan hanya 25 detik. Setelah itu, pesan tidak dapat dibuka kembali. Mirip dalam film Mission Impossible ya?

Pesan diatur hanya bisa dibaca 25 detik

Kedua fitur tersebut hanya dapat dilakukan oleh dua orang yang sama-sama sudah menggunakan versi BBM terbaru. Untuk mengirim pesan berwaktu, pengirim tinggal menyentuh tanda waktu di sebelah ikon Smiley (lihat gambar di atas), kemudian ada pilihan berapa detik (paling lama 25 detik). Setelah terkirim, penerima akan melihat seperti pada gambar di bawah ini. Untuk membaca pesan berwaktu, penerima harus menekan terus pesan tersebut. Kalau sampai terlepas, pesan segera tertutup dan tidak dapat dibuka lagi.


Pesan berwaktu tidak dapat langsung dibaca.

Fitur kedua yang juga belum dimiliki oleh aplikasi chatting lainnya adalah penarikan kembali pesan yang sudah terkirim. Ya, kalau Anda salah mengirim pesan kepada teman, sebelum sempat terbaca, bisa Anda tarik kembali, sehingga penerima tidak sempat membaca. Ini tentu sangat bermanfaat, misalnya Anda mau kirim pesan kepada pujaan hati, malah keliru mengirim pesan ke calon ibu mertua.
     Fitur ini baru tersedia untuk BBM di Android dan segera menyusul dalam beberapa hari ke depan untuk BBM di BlackBerry dan di iPhone. BlackBerry belum menyebut kapan update untuk versi Windows Phone.
     Hanya sayangnya, pihak BlackBerry memberi warning, fitur ini tidak lama lagi akan berbayar. Ada rencana, mulai tahun 2015 nanti, BlackBerry akan memungut bayaran untuk layanan BBM premium dan kedua fitur tadi termasuk ke dalamnya. BlackBerry sudah merasa lega karena fitur stikernya yang benyak berbayarnya, terbilang laris di pasar Asia. Lalu bagaimana dengan fitur timed message dan retractable message nanti, apakah laris juga? Nah, Anda juga yang ikut menentukan. Kita tunggu saja.

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler