Feb 12, 2012

WhatsApp: Pesaing Berat BBM


Bagi sebagian orang, alasan utama menggunakan ponsel BlackBerry adalah dapat melakukan chatting dengan program BBM. Itulah salah satu penyebab mengapa BlackBerry memiliki banyak penggemar di Indonesia. Pemakai BlackBerry dapat saling berkirim pesan tertulis melalui perseorangan atau melalui grup. Setiap pengguna dapat menulis status di bawah namanya agar dibaca oleh semua teman di jaringannya.  Sayangnya, untuk dapat melakukan BBM, pengguna harus menggunakan PIN sebagai identitas pemakai, sehingga pengguna ponsel merek lain tidak dapat ikut berkomunikasi. Kini ada kabar gembira bagi para pehobi berbual atau chatting, karena sudah ada aplikasi baru yaitu WhatsApp yang tersedia pada berbagai sistem ponsel.

Chatting dengan WhatsApp melalui ponsel Nokia


     WhatsApp adalah aplikasi chatting di perangkat ponsel yang mampu menyaingi aplikasi BlackBerry Messenger (BBM). Pengguna WhatsApp dapat melakukan komunikasi dengan temannya (termasuk mengirim gambar), atau membuat grup sehingga dapat berdiskusi dengan beberapa teman sekaligus, atau menyebar pengumuman (broadcast). Bedanya, kalau BBM hanya dapat dipakai oleh para pengguna BlackBerry, sedang WhatsApp bersifat multiplatform, karena tersedia untuk sistem Android, BlackBerry, iOS, Symbian, dan Windows Mobile. 
     Untuk mengunduh, masuk saja ke www.whatsapp.com melalui ponsel Anda lalu klik Download. WhatsApp menggunakan nomor ponsel sebagai identitas pengguna, sehingga memang hanya dapat digunakan di perangkat yang memakai jalur teleponi. WhatsApp tidak dapat dijalankan pada iPad atau Galaxy Tab versi wi-fi saja. 

Menginstal WhatsApp di BlackBerry
 
     Seperti pada BBM, para pengguna dapat saling chatting baik secara perseorangan maupun melalui sebuah grup. Pemakai dapat juga meng-update status dan berkirim berbagai jenis file. Bagusnya lagi, WhatsApp akan membaca semua data kontak di ponsel Anda dan memberitahu Anda siapa saja yang sudah memakai WhatsApp. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengundang teman untuk bergabung, seperti pada BBM. (Sebagian naskah ini dimuat di majalah Info Komputer edisi Januari 2012).

Artikel terpopuler