Sep 22, 2013

Aplikasi BBM di Android

Setelah menunggu datangnya tanggal 21 September 2013 seperti yang dijanjikan oleh BlackBerry yang akan menghadirkan aplikasi BBM untuk Android dan iOS, akhirnya saya berhasil menginstal aplikasi BBM di Galaxy Note saya. Aplikasi yang dijanjikan akan hadir melalui bbm.com ternyata tidak kunjung tiba juga meskipun hari telah malam. Setelah mencari di berbagai situs repositori, akhirnya memang ada di upload.net dan 4shared.com dengan nama BBM-release, dengan ukuran file 14,1 MB. Tampilannya seperti berikut ini.

BBM di Android







Untuk menginstalnya, Anda dapat mengunduh file BBM-release.apk-nya dulu. Saya mengunduhnya lewat notebook saya, lalu saya kopi filenya ke ponsel Android, dan saya instal dari sana dengan menjalankan aplikasi My Files dan mengklik (men-tap) file apk tadi. Untuk menjalankan pertama kali, kita harus membuat BlackBerry ID dengan alamat email kita (lalu harus kita verifikasi dulu). Setelah itu, aplikasi siap dipakai.
     Namun ketika saya mencoba untuk menginvite atau diinvite ke dan dari BlackBerry, selalu pending. Sambil menunggu, saya tulis artikel ini. Saya juga sudah mencoba saling mengundang teman yang juga memakai Android, belum berhasil juga. Sepertinya server BlackBerry benar-benar kewalahan melayani permintaan dari para penggunanya yang tidak memakai pesawat BlackBerry.
     Setelah semalaman menginvite dan diinvite beberapa teman, akhirnya pagi harinya ada lima teman yang berhasil masuk ke daftar invite, dan saya aksep semua. Namun sayang, tidak muncul di daftar kontak lagi, sehingga saya tidak bisa mengirim pesan ke mereka. Satu orang teman sudah berhasil muncul di daftar kontak tadi malam, tapi saya kirimi pesan juga tidak membalas, malah ada notifikasi kalau dia baru saja mengganti profile picture-nya.
     BBM for iPhone juga sudah tersedia di AppStore. Dengan susah payah, berhasil saya instal. Namun ketika saya jalankan, langsung muncul pesan bahwa BlackBerry sedang melakukan server maintenance dan tidak keluar apa-apa lagi. Saya ulangi menutup aplikasi (dan sepertinya tidak tertutup) dan saya jalankan lagi, tampilan layarnya tetap sama.
     Sementara itu dulu ya. Intinya, saya belum berhasil bbm-an dengan siapapun. Bahkan invite ke beberapa PIN BB di rumah saya sendiri pun belum terjawab. Dari BB juga balik saya invite, belum masuk juga invitasinya. Penyakit turunan BB, yaitu lemot, pending, macet, tidak terkonek, akhirnya menular ke Android dan iOS juga. 
     Tunggu cerita saya berikutnya ya... :-)

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler