Dec 2, 2011

Sinkronkan Data Ponsel dengan Google Sync

Sekarang ini tidak mengherankan kalau ada orang memiliki ponsel lebih dari satu dan memiliki notebook dan komputer PC. Masalah yang dihadapi oleh pemilik harta beberapa perangkat digital ini adalah data yang ada di masing-masing perangkat, belum tentu sama atau sinkron. Kalau ada data relasi diinput di ponsel pertama, ponsel kedua tidak tahu, apalagi komputernya


Google Sync dapat diakses melalui google.com/sync


     Masalah yang timbul menjadi lebih rumit jika data yang harus disinkronisasi tidak hanya data kontak, tetapi juga data jadwal dan data email, yang jumlahnya tentu cukup banyak. Data jadwal bisa berisi data ulang tahun relasi, jadwal rapat, jadwal kuliah, atau jadwal berbagai pekerjaan yang harus diselesaikan. Sedang email meliputi email pekerjaan, email yang berisi berita-berita dari milis atau jejaring sosial, dan email dari teman-teman.
     Kalau Anda menghadapi masalah seperti di atas, tidak perlu repot lagi, karena Google telah menyediakan jalan keluar yang relatif mudah, yaitu melalui aplikasi yang dinamai Google Sync. Program gratisan ini disediakan untuk berbagai ponsel dan dapat diunduh langsung dari ponsel dengan menuju ke alamat google.com/sync. Google akan memberi pesan bila ponsel Anda tidak mendukung.


     Agar dapat menikmati layanan dari Google ini, Anda harus memiliki email dari Google Mail atau Gmail yang juga gratis.
     Untuk menjaga agar data di semua perangkat, baik ponsel maupun komputer, diperlukan program seperti Google Sync. Setelah program Google Sync diinstal, Anda diminta menentukan item apa saja yang akan disinkronisasi. Biasanya item Calendar dan Contact. Setelah itu sinkronisasi akan dijalankan. Memang proses sinkronisasi hanya akan menyamakan data di antara dua perangkat, yaitu antara ponsel Anda dengan akun Google Anda.      Setelah proses sinkronisasi yang memakan beberapa saat tergantung dari banyak sedikitnya data Anda, data di kedua tempat akan sama persis. Setelah itu Anda dapat melakukan sinkronisasi dengan perangkat lain dan hasilnya juga akan sama. Sebagai contoh, pertama kali Anda menyamakan data antara Blackberry dengan Google di Internet. Setelah itu Anda menyamakan antara iPhone dengan Internet. Setelah selesai, Anda lalu menyamakan antara data di Google dengan data di Microsoft Outlook di komputer lokal Anda.

Contoh kalender setelah disinkronisasi

     Data kontak yang akan disamakan tidak hanya nama dan nomor ponsel atau alamat email, tetapi juga informasi lain seperti alamat rumah dan kantor, posisi atau jabatan, dan bahkan pasfoto relasi Anda. Demikian juga dengan data Calender, akan disamakan berbagai keterangan yang ada di dalamnya.
     Proses yang beberapa kali dilakukan tersebut dapat disingkat bila Anda menentukan bahwa proses sinkronisasi dilakukan secara otomatis. Hal ini mirip dengan pengiriman file secara push-mail di sistem Blackberry. Anda tidak perlu melakukan apa-apa, data di semua perangkat akan selalu terbarukan. Untk ponsel, koneksi dapat dilakukan melalui berbagai jalur telpon atau data, sedang untuk komputer diperlukan koneksi ke Internet.
     Selain sinkronisasi pada perangkat pribadi, Google Sync juga dapat melakukan sinkronisasi data pada beberapa perangkat yang dimiliki oleh beberapa orang. Misalnya saja para direktur di sebuah perusahaan memiliki jadwal pertemuan yang berbeda-beda di antara mereka. Jadwal ini dapat ditandai sebagai publik atau pribadi. Kalau data bersifat publik, maka dapat disinkronisasi dengan para direktur lainnya.      Kalau mereka akan mengadakan rapat, tidak perlu menelpon satu per satu menanyakan jadwal senggangnya. Salah satu direktur tinggal melihat jadwal di ponselnya yang selalu terbarukan, lalu menentukan waktu rapatnya. Tanpa menyadari, direktur yang lain akan segera memperoleh notifikasi ada jadwal pertemuan baru. Sungguh sangat praktis bukan?

5 comments:

  1. menarik juga pak. wajib di coba

    ReplyDelete
  2. ternyata ribet juga,,,, tapi boleh dicoba juga... handphone tipe apa saja yang bisa disinkronkan denagn google sync pak???

    ReplyDelete
  3. wuih canggih juga ya pak ..
    sangat membantu orang" yg sibuk & pelupa , haha
    jd gak usah inget" jadwal 1 per 1 lg ,
    tipe hp apa saja yg bisa di gunakan pak ?

    ReplyDelete
  4. Yaa pakk, klu megangnya cuman satu,,
    orangnyaa pasti di bilangg NdeesOOO

    ReplyDelete
  5. hp yang disupport banyak kok, tapi rata2 ya hp yang berbasis Android, iOS (iPhone), dan BlackBerry

    ReplyDelete

Artikel terpopuler