Dec 31, 2011

Ayo Membuat Facebook Sendiri

Anda pemakai Facebook? Bagaimana kalau Anda membuat halaman facebook sendiri? Facebook ini bisa Anda buat hanya untuk sanak-famili Anda sehingga tidak dimasuki oleh orang lain. Bisa juga grup ini khusus dipakai untuk teman-teman satu klub atau satu organisasi dengan Anda. Meskipun bisa juga Anda buka untuk publik. Coba lihat contoh berikut ini. Sangat mirip dengan tampilan facebook bukan? Terlihat di bagian kiri ada fasilitas pendukung untuk mengunggah foto dan video. Bahkan ada juga forum, wiki, dan blog yang tidak dimiliki oleh facebook :-)

Gbr 1. Anda dapat membuat halaman mirip facebook ini dengan www.grou.ps
Bagaimana membuat halaman yang mirip dengan facebook tersebut? Mudah saja, masuklah ke www.grou.ps dari komputer Anda.
Peringatan: Tapi ada kasus nih, seorang blogger yang membuat blognya mirip facebook, dituntut Rp2 Milyar. Silakan tengok ke sini ya http://inimu.com/komputer/2011/11/18/blogger-indonesia-dituntut-facebook-rp-2-milyar/ (Terima kasih mas Beni Beng atas infonya).

Langkah 1. Masuk ke situs grou.ps lalu klik Get Started.
Langkah 2. Isikan berbagai keterangan yang diminta, mulai dari email Anda lalu password untuk masuk ke grou.ps. Usahakan password ini jangan sama dengan password untuk membuka e-mail Anda. Isikan juga nama grup Anda. Pada contoh di bawah ini dipilih nama grup Gundala. Nama ini akan menjadi alamat grup Anda nanti, yaitu http://gundala.grou.ps.


Gbr 2. Mengisi data untuk membuat facebook ala grou.ps

Langkah 3. Isikan keterangan lainnya, yaitu jenis keanggotaannya, lalu konten apa saja yang akan Anda sediakan di halaman grup Anda nanti.

Gbr 3. Mengakhiri pembuatan halaman grup.

Langkah 4. Kalau sudah, kliklah kotak By clicking here you agree to our TOS, lalu klik Sign Up. Di layar akan muncul tampilan seperti berikut.

Gbr 4. Tampilan awal halaman grup yang mirip facebook.
Langkah 5. Anda siap mengundang teman-teman melalui e-mail mereka. Bisa juga Anda umumkan melalui akun facebook, twitter, atau milis Anda. Kini Anda memiliki sebuah grup yang halamannya sangat mirip dengan facebook.

     Ada hal penting yang perlu Anda ketahui. Halaman grup yang Anda buat tadi masih bersifat terbuka. Artinya, siapapun dapat mengambil alih, asal membayar. Agar grup Anda tidak diambil alih (di-claim) orang lain, Anda --sayangnya-- harus membayar. Ada empat jenis layanan yang disediakan, yaitu Bronze, Silver, Gold, dan Platinum. Biaya per bulan masing-masing adalah US $2.95, $8.95, $19.95, $29.95. Jumlah anggota yang boleh mendaftar untuk masing-masing golongan adalah 150 orang, 1.000, 1.000, dan 10.000. Khusus yang terakhir, masih dapat ditambah sesuai kebutuhan. Fasilitas lain juga berbeda, misalnya kuota bandwidth dan kapasitas penyimpanan file.
     Biaya langganan di atas tidak akan terasa mahal kalau anggota dipungut iuran. Tentu saja halaman grup yang sangat mirip facebook ini cocok digunakan untuk organisasi yang keanggotaannya cukup akrab dan merasa saling memerlukan. Tetapi kalau tetap sulit menarik iuran, ya sudah, membuat grup di facebook saja yang gratis :-)

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler