Apr 16, 2018

Membuat Foto Diri Kembar Tiga

Kalau Anda mempunyai sebuah ponsel, buatlah ponsel Anda itu sebagai jimat Anda yang membuat orang lain terkagum-kagum. Ponsel Anda tidak harus mahal dan canggih. Saya akan mengajak Anda membuat foto diri Anda seolah-olah Anda kembar 2, 3, atau 5. Caranya mudah saja, yaitu dengan aplikasi POLA (tersedia di Play Store).

Contoh potret diri kembar tiga dengan aplikasi POLA


Sepertinya aplikasi sejenis belum tersedia di App Store :-(

Ini Aplikasi Pola Camera

Cara kerja aplikasi ini mirip dengan swafoto (selfie), tetapi Anda harus menggunakan tripod (atau benda apapun) yang bisa membuat kamera atau ponsel tidak bergerak selama pengambilan gambar. Jangan dipegang, karena tangan manusia pasti akan bergerak, meskipun hanya beberapa milimeter. (Ssstt, foto-foto saya ini tidak pakai tripod, tapi ponsel saya pasang di atas kardus minuman mineral, lalu saya ganjal pakai gelas dan buku-buku lah).

Pilih satu, dua, atau tiga?

Nah, begini langkah-langkah lengkapnya.
1. Instal aplikasi POLA Camera.
2. Cari tempat yang agak luas, cukup untuk memotret 3 orang (usahakan antara 1 orang dengan orang lainnya ada jarak sedikit, jangan bersentuhan. Jarak 1-2 cm sudah cukup).
3. Pasang ponsel di tripod, hadapkan layar ponsel ke posisi Anda akan dipotret nanti, seprti mode selfi.
4. Jalankan aplikasi POLA, pilih menu CLONE, lalu aturlah banyaknya potretan (misalnya 3). Anda dapat memotret dengan kamera belakang atau dengan kamera depan. Kalau baru pertama mencoba, aturlah mode selfi. Atur timernya, misalnya 10 detik (yang tersedia adalah 3, 5, dan 10 detik). Dengan demikian, sulit bagi Anda untuk berganti pakaian. Paling hanya berganti topi atau benda yang dipegang, seperti ponsel, gelas, laptop, dan sejenisnya.
Tapi kalau Anda memakai kamera belakang, Anda harus meminta bantuan teman untuk memotret. Dengan cara ini, Anda dapat memotret tanpa timer, sehingga Anda bebas berganti pakaian. Hasilnya akan tampak lebih dramatis (lihat contoh di bawah). Kelemahannya, Anda sendiri tidak dapat melihat posisi Anda di kamera ketika sedang difoto, oleh karena itu mintalah tolong teman Anda agar melihat posisi Anda, jangan sampai tabrakan antara gambar satu dengan gambar lainnya. Tetap harus ada jarak antarobjek sekitar beberapa cm.
5. Aturlah agar gambar Anda nanti masuk di bidang kamera atau layar. Mulai dari posisi paling kiri misalnya. Lalu potretlah, dengan waktu jeda adalah 10 detik.
6. Setelah gambar pertama terpotret, geserlah posisi Anda, untuk mengambil gambar kedua. Waktunya juga 10 detik.
7. Pindahlah ke posisi ketiga. Usahakan Anda berganti gaya, tapi usahakan wajah Anda terlihat jelas, supaya teman-teman Anda yakin bahwa foto itu benar-benar Anda.
8. Akan ditampilkan hasil di layar. Bila salah satu objek ingin dihapus atau dimunculkan, sentuh saja.
9. Bila Anda sudah puas dengan hasil jepretan Anda, simpanlah atau bagikan ke media sosial (ada ikon dengan tanda tiga titik).
Jangan khawatir kalau potret Anda pertama hasilnya belum memuaskan. Dengan berlatih 2-3 kali, Anda akan menghasilkan foto yang spektakuler!

Contoh lain nih.
 
Dengan mode manual, tidak harus pakai timer. Jadi bisa ganti pakaian.


Sekadar tips:
1. Cobalah di lingkungan yang cahayanya cerah, aplagi kalau ponsel Anda hanya memiliki lensa yang biasa-biasa saja.
2. Hindari latar belakang yang banyak gerakan, misalnya lalu lintas, ombak laut, orang berlalu-lalang. Tapi bolehlah Anda memilih latar belakang gunung, bangunan, atau tembok.
3. Gunakan gaya yang berbeda-beda, agar terkesan menjadi gambar hidup.
4. Cobalah pula untuk ganti-ganti baju atau kaos, biar lebih dramatis :-)
Nah, jangan lupa, hasilnya dikirim kesini ya, biar teman-teman lain bisa lebih kreatif lagi.

1 comment:

  1. Bulan November 2018 ini saya cari POLA camera di Playstore ternyata sudah tidak ada lagi (menurut beberapa teman, iklannya terlalu banyak, sehingga mengganggu pengguna). Sebagai gantinya, cobalah cari aplikasi sejenis di Play Store dengan kata kunci "Clone Camera". Saya sendiri belum mencoba.

    ReplyDelete

Artikel terpopuler