Nov 6, 2018

Menggunakan Stiker di WhatsApp

Saat ini WhatsApp sedang menyiapkan versi update terbarunya, yaitu 2.18.329, yang sudah dilengkapi dengan stiker. WA yang saat ini banyak dipakai masih versi .329. Hanya pengguna tertentu yang beruntung diberi hak oleh WA untuk mencoba versi .329 beta. Bagi Anda yang ingin mencoba, bisa mencari di Google dengan kata kunci "WhatsApp .329". Saya mencoba yang ada di apkmirror.com, saya pilih versi beta yang terbaru (angka di belakangnya .340). Setelah Anda unduh (bisa melalui ponsel), silakan instal. Di ponsel saya, versi beta ini langsung menggantikan versi lama dan tidak ada masalah dengan data (tidak ada yang hilang atau rusak, meski ada ratusan grup dan ribuan chat). Tetapi ada baiknya Anda mem-backup dulu history Anda bila memang dirasa penting. Lihat contoh tampilan WA yang sudah menggunakan stiker berikut ini.

Tampilan Whatsapp dengan stiker.
Bila Anda ingin mencoba, ikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Dari browser di ponsel Anda, masuklah ke Google, lalu carilah "WhatsApp .329 apk". Akan ketemu beberapa sumber, saya memilih yang dari apkmirror.com dan saya pilih versi beta yang paling besar angkanya (.340).
2. Unduhlah file apk tersebut (sekitar 30 MB) lalu installah. Aplikasi WA yang lama akan tertimpa. WA di ponsel saya tidak mengalami masalah. Kalau di ponsel Anda mengalami masalah, tanggung sendiri lho ya akibatnya. Versi ini masih versi beta, masih dalam tahap percobaan, segala hal bisa terjadi.
3. Setelah terinstal, cobalah untuk membuka chatting di WA. Harusnya sudah ada tanda seperti pada gambar berikut ini (lihat tanda panah).

Ikon untuk menampilkan stiker di WA.
4. Sentuhlah ikon tersebut, sehingga akan muncul tampilan seperti berikut.

5. Sentuhlah tanda + untuk menambah stiker (karena Anda baru memulai, harusnya belum ada stiker seperti pada contoh di atas). Akan muncul sederetan stiker seperti tampilan berikut ini.

Stiker yang saat ini disediakan Whatsapp.
6. Unduhlah rangkaian stiker yang Anda inginkan dengan menyentuh ikon tanda panah ke bawah yang ada di kolom paling kanan. Boleh saja Anda unduh semua.

7. Bila sudah selesai, Anda dapat menggunakan stiker tersebut pada chattingan Anda. Caranya seperti pada langkah 3 di atas, lalu Anda sentuh stiker yang ada di baris atas, nanti akan ditampilkan rangkaian stiker yang lengkap. Anda tinggal menyentuh salah satu stiker dan akan segera terkirim.

Oh ya, Anda juga dapat membuat stiker sendiri, dengan membuat file .png dan menyimpannya di folder download di memori internal ponsel (tidak bisa di kartu memori). Anda dapat membuat sendiri, atau mengonversi file .jpg ke .png. Lalu lakukan langkah 5 di atas.

Selamat mencoba.



No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler