Dec 25, 2018

Menampilkan Tabel dalam Peta dengan Excel

Mulai Excel 2016 tersedia fitur untuk menampilkan isi tabel ke dalam peta. Agar muncul ke dalam peta, salah satu kolom di dalam tabel harus berisi nama kota (bisa juga nama negara). Selain itu ada beberapa kolom di sebelah kanannya yang berisi data angka. Selanjutnya, Anda siap menampilkan isi tabel tersebut dalam sebuah peta. Fitur ini memerlukan komputer Anda terkoneksi dengan Internet. Perhatikan gambar berikut ini.

Grafik berasal dari tabel pada aplikasi Excel.

Untuk membuat tampilan tersebut caranya mudah. Pastikan Anda menggunakan Excel 2016 atau sesudahnya. Saya menggunakan Excel 2019. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Buatlah tabel seperti pada contoh di atas.


2. Kliklah menu Insert lalu kliklah ikon Bing Maps (berwarna kuning, lihat gambar di atas). Di layar akan muncul peta. Kecilkan peta tersebut sehingga tampak seperti gambar berikut. Anda perlu mengklik pinggir peta lalu carilah sudutnya untuk mengecilkan peta.


 3. Tutuplah tulisan Welcome to Bing Maps dengan mengklik tanda bintang di sudut kanan atasnya. Peta Anda sekarang terlihat utuh.

4. Klik ikon filter (gambar corong di sebelah kiri tanda tanya) lalu klik Select Data. Kemudian bloklah tabel Anda, lalu klik Ok. Excel akan menampilkan peta lengkap dengan grafiknya di setiap kota yang ada di dalam tabel. Kliklah salah satu grafik untuk menampilkan rincian angkanya. Hasilnya seperti pada contoh gambar di awal artikel ini.

Anda dapat mengubah warna pada masing-masing objek. Sedangkan grafiknya saat ini hanya ada dua macam, yaitu pie chart dan circle. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler