Mar 20, 2019

Tips mengamankan ponsel Anda

Saya sedih ketika mendengar kerabat atau kolega saya kehilangan ponselnya dan tidak dapat berbuat apa-apa selain menganggap hal itu sebagai takdir semata. Saya berikan beberapa kiat yang mudah-mudahan dapat membantu Anda atau kerabat Anda yang sedang mengalami musibah kehilangan ponsel (khususnya Android ya, karena saya sudah mengandangkan semua iPhone dan iPad saya). Namun agar ponsel Anda aman, sebaiknya diberi kata kunci atau kode kunci, sehingga tidak mudah diambil alih oleh orang lain. Setelah itu, berlatihlah mengamankan ponsel Anda, seperti cara yang akan saya uraikan di bawah ini. Semoga bermanfaat.




1. Semua ponsel Android mestinya memerlukan alamat e-mail dan password ketika dihidupkan pertama kali. Ingatlah e-mail dan password ini, bila perlu, berikan juga catatan sangat penting ini kepada kerabat terdekat yang dapat dipercaya (tapi tidak gaptek). Pada saat ponsel Anda hilang, keduanya akan sangat diperlukan.

2. Suatu saat Anda perlu berlatih mengatasi ponsel Anda seolah-olah hilang. Caranya: gunakan PC/notebook (bisa juga sih pakai ponsel lainapi hurufnya kecil-kecil) lalu masuk ke www.goole.com dan masuklah menggunakan alamat e-mail dan password Anda.

3. Masuklah ke alamat https://myaccount.google.com, lalu pilihlah Security.

Menu pilihan untuk mencari dan mengunci ponsel Anda.
4. Di layar akan ada jendela Your Devices yang menunjukkan daftar ponsel yang Anda pakai (yang Anda isi dengan alamat e-mail Anda). Anda bisa memiliki beberapa ponsel dengan user id Anda cuma satu.
Tampilan berbagai perangkat yang Anda pakai dengan email Anda.
5. Kliklah menu Find a lost or stolen phone. Google akan meminta password Anda (meskipun tadi ketika masuk, Anda sudah mengisikan password ini). Klik Next. Di layar akan ditampilkan menu seperti berikut.

Pilihan ponsel yang akan Anda kunci.

 6. Pilihlah salah satu ponsel yang akan Anda coba (kalau ada beberapa ponsel).

Menu untuk menangani ponsel Anda yang hilang.

7. Anda dapat memilih salah satu menu tersebut, misalnya:
Ring - untuk membunyikan ponsel Anda (meskipun di-silent, akan tetap berbunyi, tetapi dapat distop oleh pemegang ponsel). Kalau hilang betulan, bisa Anda tekan beberapa kali tombol Ring ini.
Locate - untuk memperkirakan lokasi ponsel Anda. Seandainya kartu SIM sudah dilepas, tetapi pemegang ponsel Anda menggunakan jaringan wi-fi, akan ditampilkan nama jaringannya. Kalau Anda pilih menu ini, akan ditampilkan juga menu lain.
Lock your phone - akan mengunci ponsel Anda dengan password yang Anda tentukan. Pemegang ponsel tidak akan dapat menggunakan ponsel Anda sepanjang dia tidak tahu password Anda (beda dengan password e-mail Anda). Lihat gambar di bawah ini kalau Anda mencoba menu ini.
Consider erasing your device - untuk menghapus semua isi ponsel Anda, sehingga data penting tidak dapat dibaca. Perlu Anda lakukan kalau Anda merasa tidak mungkin lagi menemukan ponsel Anda. Pemegang ponsel Anda juga tidak akan dapat menggunakan (yah, dengan keterampilan tertentu, masih bisa sih hal itu diatasi; dalam dunia TI, sebenarnya tidak ada istilah "tidak bisa" atau "tidak mungkin" sih). Tapi jangan coba memilih menu ini kalau Anda cuma sedang berlatih atau mencoba ya.

8. Kalau Anda memilih menu Locate, akan ditampilkan layar seperti berikut.

Menu untuk mencari ponsel Anda yang hilang.
Bila Anda memilih menu SECURE DEVICE, Anda diminta menentukan kata kunci untuk membuka ponsel. Misalnya Anda tuliskan "Gendruwo" (harus ditulis dua kali), maka ponsel Anda akan menanyakan kata kunci ini. Sebelum ponsel diisi kata kunci ini, tidak dapat digunakan.

9. Masih banyak menu yang lain yang perlu Anda coba.

Lakukan hal ini secara berkala, misalnya 3 bulan sekali, agar Anda waspada dan tidak panik ketika benar-benar mengalami kehilangan ponsel. Kalau pun toh ponsel Anda tidak dapat ditemukan kembali, paling tidak sudah Anda kunci dan Anda hapus datanya, sehingga tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.


Kunjungi juga: web pengamanan perangkat dari Google.

Untuk Anda yang menemukan ponsel orang lain:
Sebaiknya usahakan Anda kembalikan. Bagaimana pun juga itu bukan hak Anda. Kasihan orang yang kehilangan ponsel, mungkin dia sedang menolong orang lain, mungkin sedang kesusahan mengobatkan anaknya yang sedang sakit parah, mungkin juga sedang menyelesaikan masalah orang tua atau keluarga Anda. Seandainya Anda mengembalikan ponsel itu, Anda akan dianggap sebagai pribadi yang mulia, tidak hanya oleh sesama manusia, bahkan oleh Tuhan yang Maha Pengasih. Mungkin Tuhan sedang merencanakan untuk memberi rejeki kepada Anda (meskipun tidak mesti dalam bentuk uang atau barang), dengan memberi cobaan menemukan ponsel orang lain. Percayalah.





No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler