Mar 2, 2020

Langkah-langkah mengoreksi Ujian dengan ZipGrade

Untuk mengoreksi ujian dengan pilihan berganda, ada aplikasi di ponsel, yaitu Zipgrade (www.zipgrade.com). Aplikasi ini gratis (tapi hanya dapat digunakan untuk mengoreksi 100 lembar jawaban per bulan) atau berbayar sekitar Rp100.000-an (tanpa batas lembar jawaban yang akan dikoreksi). Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus mendaftar dulu, dapat menggunakan ponsel maupun komputer. Anda dapat menggunakan lembar jawaban yang sudah disediakan (20, 50, dan 100 soal). Kalau ingin membuat sendiri juga bisa. Anda cukup membuat lembar jawaban satu kali saja dan nanti dapat digunakan berulang kali. Anda juga dapat menggabung lembar jawaban yang Anda buat ke dalam naskah Ms Word, agar dapat ditambah dengan nama sekolah atau kampus, diberi keterangan lain (nama mata ujian, nama penguji, waktu ujian, dan sebagainya). Namun jangan sampai menutup bingkai-bingkai atau kotak-kotak hitam yang ada di sekitar jawaban, karena itu dijadikan kunci untuk memindai jawaban. Oh ya, peserta ujian dapat menggunakan alat tulis apa saja asal berwarna gelap (lebih baik hitam). Jadi boleh memakai pensil, ballpoint, atau spidol.

Contoh lembar jawaban ZipGrade.




Artikel ini akan menunjukkan langkah-langkah mengoreksi ujian memakai aplikasi Zipgrade. Ada dua langkah yang perlu dilakukan, yaitu: (1) meminta kode lembar jawaban dari koordinator (pembuat lembar jawaban) dan (2) memindai jawaban mahasiswa. Langkah (1) lebih nyaman dilakukan melalui komputer, meskipun bisa juga dengan ponsel. Langkah (2) dengan ponsel.

Melalui Komputer

1.    Bukalah www.zipgrade.com di komputer, lalu login dengan email dan password (bila belum mendaftar, harus mendaftar terlebih dahulu).
2.    Apabila bapak/ibu menggunakan lembar jawaban dengan kode 4171, salinlah alamat berikut ini ke alamat browser lalu bukalah dengan menekan Enter.
https://www.zipgrade.com/sharing/OdGi7Mzu/

Untuk lembar jawaban yang lain dengan alternatif jawaban ABCD, gunakan tautan berikut ini:
LJ 50 soal kode 6116 https://www.zipgrade.com/sharing/QlakC1nY/
LJ 60 soal kode 4171 https://www.zipgrade.com/sharing/OdGi7Mzu/
LJ 70 soal kode 0159 https://www.zipgrade.com/sharing/neEBkdrY/
LJ 75 soal kode 6077 https://www.zipgrade.com/sharing/sA2PWpj4/
LJ 80 soal kode 0573 https://www.zipgrade.com/sharing/b8uzq0en/
LJ 90 soal kode 5110 https://www.zipgrade.com/sharing/vKrHi108/
LJ100 soal kode 7761 https://www.zipgrade.com/sharing/UDyWTL3E/

Untuk lembar jawaban lain, dengan alternatif jawaban ABCDE, gunakan tautan berikut ini:
LJ 60 soal kode 4919 https://www.zipgrade.com/sharing/OqXzbmv8/

3.    Klik Confirm Copy, sehingga sekarang sudah ada lembar jawaban di layar.

Melalui Ponsel

1.    Pilih Quizzes
2.    Pilih New Quiz
3.    Isikan seperti ini:
Quiz name: 20191 UAS AB C2
Date: diisi tanggal ujian
Select sheet: pilih Ujian 60 (4171)
Pilih New Class: 20191 AB C2
lalu pilih ☑ dan pilih OK. Muncul layar UAS 20191 AB C2.
4.    Pilih Edit Key, Scan for Key atau input manual. Buatlah kunci jawaban dengan lembar jawaban kosong, lalu pindailah dengan menu Scan for Key. Tampak pilihan di layar, pilih Use, isikan bobot 1 untuk tiap soal (nanti dapat diatur ulang di Excel). Pilih Save. Sentuh back di kiri atas layar.
5.    Pilih Scan Papers untuk mengoreksi lembar jawaban ujian semua peserta, lalu scan semua lembar jawaban. Usahakan 4 kotak hitam di setiap sudut lembar jawaban masuk ke layar ponsel. Kerjakan sampai selesai.
6.    Pilih titik tiga di sudut kanan atas, pilih Export Data, pilih CSV, lalu pilihlah ke mana akan diekspor. Bisa ke Whatsapp atau email, atau opsi lainnya. Pilih saja email.
7.    Bukalah file hasil pindai tadi dengan Excel dan gabunglah dengan nilai UTS dan tugas-tugas.

Bila akan memindai kelas lain, lakukan langkah-langkah di atas, tapi pada langkah 3, isikan nama kelas yang berbeda lalu ikuti langkah-langkah yang sama.

Selamat mengoreksi.

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler