Jun 25, 2012

Jailbreak iOS 5.1.1 dengan Absinthe 2.0.4

iOS terbaru untuk iDevice (iPod, iPhone, iPad) saat ini adalah versi 5.1.1 dan dapat diunduh di http://download-ios.com/ (ada di kanan bawah blog ini). iOS terbaru ini sudah dapat dijailbreak secara untethered, baik dengan program Absinthe versi 2.0.4 maupun dengan Redsn0w versi 0.9.12b2. Absinthe dibuat oleh GreenPois0n, nama yang sebelumnya sudah populer dalam urusan jailbreak terhadap iDevice. Bila Anda sudah menjailbreak iDevice Anda secara semi-tethered, Anda cukup menginstal Rocky Racoon dari Cydia, maka iDevice Anda sudah akan terjailbreak secara untethered. Artikel ini akan menunjukkan cara menjailbreak iDevice Anda dengan program Absinthe 2.0.4.

Proses Jailbreak iOS 5.1.1 dengan Absinthe 2.0.4

     Bagi Anda yang belum tahu, jailbreak ada tiga macam, yaitu tethered, semi-tethered, dan untethered. Tethered jailbreak artinya ketika Anda harus mem-booting ulang iDevice Anda, Anda harus menghubungkan iDevice dengan komputer dan menjalankan program yang dulu dipakai untuk melakukan jailbreak. Tanpa komputer, iDevice Anda tidak dapat hidup. Semi-tethered jailbreak artinya Anda dapat membooting iDevice Anda tanpa komputer, tetapi kondisinya akan berada dalam kondisi belum dijailbreak. Untethered jailbreak adalah yang paling disukai oleh para pemilik iDevice, karena ketika booting ulang, iDevice tidak perlu tersambung ke komputer.
     Sebelum melakukan jailbreak, perlu Anda ketahui, iDevice yang didukung ada pada daftar berikut ini. Bila iDevice Anda tidak tercantum di situ, berarti belum dapat dijailbreak dengan Absinthe 2.0.4 ini.
  • iPhone 3Gs
  • iPhone 4
  • iPhone 4 CDMA
  • iPhone 4S
  • iPad 1
  • iPad 2 Wifi
  • iPad 2 GSM
  • iPad 2 CDMA
  • iPad 3 Wifi
  • iPad 3 CDMA
  • iPod 3G
  • iPod 4G

Persiapan

     Sebelum melakukan jailbreak, lakukan persiapan berikut ini:
  1. Backuplah data dan aplikasi Anda. Lakukan dengan iTunes. Pada saat iDevice tersambung ke komputer, pada bagian kiri tampilan iTunes, akan muncul nama iDevice Anda. Klik kanan, lalu pilihlah Backup.
  2. Unduh program iOS 5.1.1 pada link di sebelah kanan blog ini.
  3. Unduh program Absinthe 2.0.4, sesuai dengan OS komputer Anda.
Setelah Absinthe diunduh, ekstraklah dari *.zip ke *.exe. Letakkan di folder terpisah supaya mudah mencarinya. Klik dua kali file absinthe.exe tersebut agar terurai menjadi banyak file. Tungguh beberapa menit sampai semua file terurai. Kini Anda siap melakukan jailbreak.

Proses Jailbreak

     Untuk melakukan proses jailbreak, keluarlah dari iTunes. iDevice tetap terhubung dengan komputer Anda. Lalu ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Jalankan program Absinthe hasil ekstrak. Apabila Anda belum mengatur level sekuriti komputer Anda, lebih baik Anda klik kanan file Absinthe.exe lalu pilih Run as Administrator.
  2. Klik Jailbreak pada saat tampilan di layar tampak seperti di bagian awal artikel ini. Proses dapat berlangsung sekitar 10-20 menit, tergantung banyaknya aplikasi dan data yang ada di dalam iDevice Anda. Sebaiknya memang iDevice dikosongi dulu agar proses jailbreak jauh lebih cepat.
  3. Tunggulah sampai proses selesai.
  4. Setelah selesai proses jailbreak, jalankan iTunes untuk mengembalikan program dan data yang Anda backup.

Banyak Aplikasi Tidak Bisa Jalan

Sayangnya,banyak aplikasi tidak bisa lagi dijalankan di iOS 5.1.1 setelah dijailbreak. Beberapa aplikasi yang tidak bisa berjalan misalnya adalah Docs2Go, Agenda, iFiles, FlightBoard, iQuran Pro, dan masih banyak lagi :-(

Bila tidak ada halangan, iDevice Anda sudah dalam kondisi terjailbreak secara untethered :-) Selamat menikmati.

2 comments:

  1. Pak, saya mau tanya dong. Maklum belum punya iDevice. Untungnya apa sih kalo jailbreak? :) ada resikonya gak. Selama ini punya pak Wing di jailbreak ada gangguan atau masalah atau pengaruh terhadap iDevice itu sendiri. Trims

    ReplyDelete
  2. Anonymous8/8/12 15:05

    Makasi pak wing atas bantuannya...hahahhaa..segera jailbreaakkk...ipad saya masi di JB ios 5.01..

    ReplyDelete

Artikel terpopuler