Jul 1, 2012

Zello: Walkie-Talkie Antarponsel dan PC

Anda mengenal walkie-talkie atau orang sering menyebutnya dengan HT (handy-talkie)? Alat komunikasi tersebut sangat praktis, karena tinggal pencet, maka semua teman yang berada di frekuensi yang sama, akan bisa langsung mendengarkannya. Namun HT ada kelemahannya, yaitu jangkauan terbatas hanya 1-2 km saja (kecuali kalau Anda menggunakan menara repeater yang tinggi dan kuat daya pancarnya) dan kita tidak tahu siapa saja yang ikut nimbrung dalam pembicaraan kita. Pada jaman yang sudah maju ini, ada jalan keluarnya: pakai aplikasi Zello, yang tersedia untuk Android, BlackBerry OS, dan iOS, bahkan MsWindows, secara gratis.

Zello di PC. Ada versi mobilenya.
Untuk versi mobile phone, carilah di gudangnya masing-masing (Android ada di Google Play, BlackBerry OS ada di BB AppWorld, iOS ada di AppStore, dan untuk MsWindows ada di zello.com). Setelah program ini diinstal, Anda perlu membuat user id dan password. Anda harus menggunakan akun email untuk ini. Bila Anda memiliki tiga ponsel dan 1 PC, dan masing-masing ingin diisi dengan Zello, maka Anda harus memiliki 4 akun e-mail. Tidak masalah bukan? Gratis saja kok. Membuat user id dapat dilakukan dari dalam menu Zello.
     Setelah Anda sign-in ke dalam Zello, Anda dapat mengundang teman-teman Anda untuk menjadi teman di jaringan Anda. Anda dapat mengundang mereka dengan user id atau e-mail mereka. Kalau tawaran Anda disetujui, maka daftar nama mereka akan tampil seperti pada gambar di sebelah ini. Mirip dengan Yahoo! Messenger ya?


    Zello dapat bekerja di berbagai jaringan, mulai dari wi-fi, GPRS, EDGE, 3G, hingga HSDPA. Dengan demikian, Anda dapat berbicara dengan teman sesama pemakai Zello di seluruh dunia (bandingkan dengan HT yang jangkauannya hanya 1-2 km saja). Anda dapat berbicara dengan salah satu teman Anda, atau dalam satu grup (disebut channel atau kanal). Untuk berbicara, Anda harus menekan tombol tertentu (dapat diatur). Setelah selesai bicara, lepaskan tombol tersebut. Ya, memang menggunakan teknologi PTT (push to talk) yang ada di HT. Sebelum berbicara kepada seorang teman atau sekelompok grup, Anda dapat mengirim tanda atau bunyi tertentu, misalnya tiit-tiit-tiit, sehingga teman-teman menaruh perhatian.
     Hati-hati bila Anda menggunakan jalur data, karena pada kondisi standby, Zello akan menggunakan 20 KB (kalau per kb Rp1 seperti yang ditawarkan beberapa operator, berarti Anda akan membayar Rp20 per jam). Tetapi pada kondisi aktif berkomunikasi, per menit memerlukan 110 kb (masih tetap murah sih). Kondisi yang paling murah adalah bila Anda menggunakan jalur wi-fi saja. Namun kondisi ini tidak bisa dilakukan bila Anda sedang konvoi kendaraan, atau berdemonstrasi di jalan, atau sedang naik gunung bersama klub pecinta alam Anda.
     Saya sudah mencoba di jalur GPRS antara Android-BlackBerry-iPhone-PC, ada delay sedikit. Demikian juga ketika di jalur 3G. Namun lumayan bagus kalau berada di jalur wi-fi yang kuat. Nah, roger..roger..86... :-)


1 comment:

  1. Saya sudah mampir dan meninggalkan jejak di sana mas :-)

    ReplyDelete

Artikel terpopuler