Jul 20, 2012

Komputer Super Mungil dan Murah

Pernahkah Anda membayangkan komputer berukuran kecil? Yah, mungkin ponsel jaman sekarang dapat kita golongkan ke dalam komputer mungil, karena memang memiliki karakteristik penuh sebagai sebuah komputer: ada sistem operasi, ada memori dan prosesor, ada tempat menyimpan file dan data sehingga pemakai dapat menginstal aplikasi. Bahkan, ponsel pun sudah terhubung ke Internet, sehingga sudah tidak ada bedanya lagi dengan komputer PC, kecuali ukurannya yang lebih kecil.
     Bagaimana dengan komputer raspberry berikut ini? Apakah dapat kita golongkan juga ke dalam komputer?

Komputer batangan buatan raspberry.org, hanya AS $35 (Rp300.000an), akan disusul versi yang AS $25.

Raspberry Pi dijual dalam dua model, yaitu model A ($25) dan B ($35), namun saat ini yang disediakan baru yang versi B (lihat gambar di atas). Kedua model menggunakan prosesor ARM Broadbom BCM2835 200MHz, memiliki RAM 256 MB, dan ada beberapa slot penting, misalnya dua slot USB, 1 slot Ethernet, satu slot RCA (sehingga tampilan bisa menggunakan TV analog) dan HDMI (tampilan ke TV digital), serta colokan standar 3.5mm untuk audio stereo. Pada akhir tahun nanti dijanjikan akan dilengkapi prosesor ARM 11 berkekuatan 700 MHz (bandingkan dengan kebanyakan smartphone seperti BlackBerry dan iPhone yang menggunakan prosesor 624 MHz).

RaspBerry Pi model B

     Komputer, atau lebih tepatnya motherboard seukuran kartu kredit ini, memang sengaja dijual tanpa casing, agar membuat pemakainya kreatif, mau dipasang di mana. Sistem operasinya menggunakan Linux Raspbian yang masih keturunan salah satu distro Linux, yaitu Debian. Perangkat simpan cukup menggunakan kartu SD 4 GB, dianjurkan yang kelas 4 atau lebih, agar lebih gegas dalam bekerja. Anda dapat mengunduh OS resminya di situs penjualnya secara gratis. Meskipun OS ini belum mendukung HTML5 dan Flash (sehingga Anda belum dapat melihat YouTube), namun sudah ada beberapa blog yang bisa mengatasi hal ini.
     Oleh yayasan RaspBerry yang dibentuk oleh beberapa akademisi dan peneliti di Inggris, komputer mungil RaspBerry ditujukan untuk anak-anak dan remaja yang ingin mengutak-atik komputer dari sisi perangkat lunaknya. Benar saja, dengan harganya yang sangat murah dan baru dijual di Inggris saja, situsnya sudah kewalahan melayani pembeli dari seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler