Jun 12, 2012

Verifikasi Palsu Seolah-olah dari Facebook

Beberapa hari ini pengguna Facebook mendapat pesan yang kira-kira bunyinya seperti ini: Facebook Verification (Urgent!!). Anehnya, pesan itu muncul dari salah satu atau beberapa teman kita (bukan dari Facebook langsung ke wall kita). Pesan itu meminta kita untuk menginput kembali user id dan password kita, dengan alasan untuk verifikasi, disertai dengan tombol untuk mengundang teman-teman lainnya. Tampilannya seperti berikut. Jangan klik link tersebut!

Verifikasi seolah-olah dari facebook. Jangan di-klik!

     Mengapa jangan diklik? Karena tampilan tersebut adalah aplikasi palsu, seolah-olah dari Facebook. Bagaimana tahunya kalau itu link palsu dari facebook? Begini logika sederhananya: kalau ada hal yang penting, facebook pasti akan langsung mengirimkan berita langsung ke kita, tidak melalui anggota lain. Pesan penting pasti akan masuk langsung ke halaman facebook kita. Bila melalui teman atau orang lain, dapat dipastikan aplikasi atau pesan tersebut hanya jebakan.
     Selain itu, juga ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika menghadapi pesan palsu seperti itu. Pertama, ingat sekali lagi, pesan penting pasti langsung Anda terima, tidak melalui orang lain (hal ini juga sering terjadi pada pengguna BlackBerry Messenger yang BlackBerrynya akan dinonaktifkan kalau tidak menyebarkan pesan tertentu). Kedua, harusnya facebook sudah tahu akun kita, baik user name maupun password. Untuk konfirmasi, biasanya kita cuma diminta menginput password saja, nah ini malah meminta user id dan password. Ketiga, banyak salah eja dan salah tulis (tadinya tertulis Warming dan bukan Warning, lalu ada beberapa salah penggunaan huruf kapital), tetapi kesalahan ini sudah diperbaiki (penjahat malu juga ya menggunakan bahasa yang salah?).
    Bagaimana kalau Anda mendapat pesan tersebut? Sebaiknya, Anda laporkan ke facebook dengan mengklik bagian bawah layar Facebook Anda (ada Report problem lalu pilih Scam).
    Bagaimana kalau Anda sudah terlanjur mengklik aplikasi palsu di atas? Segeralah ganti password facebook Anda. Kalau akun Anda sudah terlanjur diambil alih si penjahat digital? Ya segera masuk ke facebook, lalu klik Forgot password dan ikuti prosedurnya.

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler