May 26, 2012

Situs QR Code

QR Code adalah kombinasi bintik-bintik berwarna hitam berbentuk kotak-kotak. QR code merupakan barcode 2 dimensi dan ditujukan untuk menggantikan barcode 1 dimensi yang sebelumnya banyak digunakan untuk memberi kode produk. Barcode 1 dimensi merupakan sekumpulan garis dengan ukuran yang berbeda. Garis-garis tersebut mewakili huruf dan angka. Barcode 1 dimensi tidak praktis karena terbatas kemampuannya. Lihat saja produk yang Anda beli di supermarket, biasanya memiliki barcode yang panjang, namuan hanya 8-13 karakter saja. Semakin banyak karakternya (bisa huruf dan angka), semakin panjang barcodenya. QR Code berukuran bujur sangkar dan hampir selalu sama, namun dapat menyimpan data alfanumerik hingga 4296 karakter. Bahkan kalau angka saja bisa menampung hingga 7.089 karakter. Nah, untuk membuat QR code (QR singkatan dari quick response) dapat menggunakan program, atau menggunakan situs, misalnya http://qrcode.kaywa.com.

Situs untuk membuat QR Code ada di http://qrcode.kaywa.com

     Di situs tersebut, Anda dapat membuat QR code dengan bentuk teks, alamat situs, nomor ponsel, maupun berbentuk SMS (menuju ke nomor tertentu dengan pesan tertentu). Bentuk terakhir ini dapat digunakan misalnya untuk membuat SMS pendaftaran organisasi, dengan nomor tujuan katakanlah 081234321 dan pesan DAFTAR nama, alamat, kota, kodepos. Pemilik ponsel tinggal mengganti tulisan nama dengan nama lengkap dan seterusnya.
Contoh QR Code.
      Bentuk QR Code yang dapat dibuat oleh situs ini ada tiga tingkatan, yaitu L, M, S, yang masing-masing untuk resolusi yang tinggi, sedang, dan kecil. Resolusi tinggi memiliki bintik yang lebih banyak. QR code yang sudah tampil di layar, dapat disimpan dalam bentuk gambar sehingga dapat dibaca oleh smartphone berkamera. Situs ini juga menyediakan script HTML QR code yang Anda buat, sehingga dapat dipasang di situs atau blog Anda, seperti yang digunakan di blog ini :-)
     QR Code biasanya dibaca dengan smartphone. Untuk menginstal aplikasi pembaca QR Code, Anda juga dapat mengunduh aplikasinya di situs qrcode.kaywa.com ini.

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler