May 10, 2012

Agar Memori BlackBerry Lega

Salah satu BlackBerry saya adalah 9700 Onyx, yang memorinya hanya 512 MB. Memori ini sering habis, padahal aplikasi yang saya pakai tidak banyak. Hanya standar saja, ada Facebook, Tweeter, Capture It, WhatsApp, WordPress, Blogger, dan beberapa lagi. Sistem operasinya sudah saya pangkas sehingga menjadi ramping. Namun tetap saja BlackBerry saya ini sering kehabisan memori, sekitar 3 hari sekali memori tinggal 5 MB atau kurang, sehingga memaksa saya untuk booting ulang dengan menekan Alt kiri+Shift aA kanan+Del. Proses booting sendiri bisa memakan waktu 5 menit. Benar-benar menyebalkan. Beda dengan BlackBerry saya yang lain, 9650 Essex, memorinya selalu tersedia lebih dari 300 MB! Namun masalah kehabisan memori ini terpecahkan, setelah saya instal MemoryBoost Pro.

Memori BB sebelum dan sesudah di MemoryBoost.

Aplikasi MemoryBoost Pro dapat diunduh di BB AppWorld dan bersifat gratis. Aplikasi ini sangat kecil, kurang dari 50 KB, jadi dapat diunduh dengan cepat meskipun memakai jalur GPRS. Setelah diinstal, dapat langsung dijalankan. Tampilannya seperti pada gambar di atas. Anda akan diberitahu kapasitas memori, yang terdiri atas dua bagian, yaitu RAM dan Flash. Begitu Anda tekan klik trackpad Anda, maka memori akan segera lega kembali. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi melakukan booting ulang :-)

Aplikasi Meters, menunjukkan penggunaan memori BlackBerry
      Aplikasi ini akan dilengkapi juga dengan Meters (diinstal terpisah), yang menunjukkan komponen apa saja yang memakan memori Anda, serta Application List (juga terpisah) yang menunjukkan aplikasi apa saja yang menghabiskan memori Anda. Akan terlihat berbagai aplikasi, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Anda dapat menghapus aplikasi yang tidak Anda perlukan, namun hati-hati, karena ada juga aplikasi bawaan sistem, yang kalau Anda hapus, bisa saja BlackBerry jimat Anda tidak berfungsi normal.

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler