May 17, 2012

Memantau Penggunaan Data di Android

Ponsel Android memerlukan koneksi ke Internet. Koneksi Internet yang paling portabel adalah layanan Internet yang ditawarkan para operator seluler, karena dapat dinikmati di berbagai tempat. Kalau hotspot hanya dapat dinikmati dari lokasi tertentu saja. Kalau tethering dari PC atau dari modem portabel, memerlukan alat kedua. Jadi paling praktis memang langsung mendaftar layanan Internet dari operator, karena langsung dapat dinikmati di ponsel Android. Problemnya, layanan operator yang janjinya unlimited (bahkan dijanjikan sampai 3,6 MBPS tapi itu hanya impian indah saja), kenyataannya masih ditambahi kata-kata "sampai 500 MB". Lha tanpa batas kok cuma sampai 500 MB? Oke lah, Anda sudah membeli paket tertentu. Tapi, bagaimana Anda tahu sudah berapa banyak yang terpakai dan tinggal berapa sisanya? Sampai kapan? Nah, Anda memerlukan aplikasi yang bernama My Data Manager.

Lacak pemakaian data di Android dengan My Data Manager

Layanan koneksi ke Internet sekarang cenderung murah. Rata-rata antara Rp50.000-Rp100.000 sudah mendapat antara 500MB hingga 2GB, dengan kecepatan yang sudah 3G (dan ada yang berjanji HSDPA). Kadang-kadang kita tidak tahu, berapa kuota yang masih tersisa. Karena terlalu berhemat, pada akhir bulan kita masih memiliki banyak kuota, tentu sayang sisa ini terbuang. Atau bisa juga Anda sudah kehabisan kuota di tengah bulan, sehingga harus mengisi pulsa lagi sebelum waktunya.

Penggunaan data dapat dilihat
      Masalah lain yang timbul adalah, sebenarnya aplikasi apa saja yang banyak menguras kuota data kita? Jangan-jangan ada aplikasi yang tidak kita perlukan, tetapi justru rajin memakan kuota data. Nah, untuk melihat apa saja aplikasi yang rakus data, Anda pasang saja aplikasi  My Data Manager. Tersedia di Google Play, gratis (namun agak mengherankan, versi update-nya sangat mahal, USD 98.00!). Dengan My Data Manager, Anda dapat menampilkan laporan, aplikasi apa saja yang sudah memakan jatah data sebanyak berapa. Lalu tinggal berapa hari lagi sisa waktu layanan Anda. Tampilan dapat diatur berbentuk teks, atau grafik.
     Kini Anda tidak perlu ragu-ragu lagi memanfaatkan layanan Internet Anda ;-)

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler