May 17, 2012

Bahasa Basic untuk Android

Banyak cara untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android. Bisa dengan Java, bisa dengan aplikasi Eclypse, bisa dengan situs ibuildapp.com, dan kini bisa juga dengan bahasa BASIC yang khusus dikembangkan untuk OS Android, yaitu Basic4Android. Bahasa Basic untuk Android ini agak mirip dengan bahasa Visual Basic yang sudah populer di kalangan pengguna komputer berbasis Ms Windows. Bahkan, karena bekerja di lingkungan Ms Windows, Basic4Android juga menggunakan tampilan WYSIWYG, menggunakan IDE, menggunakan library Java, dan tentu saja berbagai tools yang diperlukan untuk merancang desain Anda agar berjalan seperti yang Anda inginkan.

Situs resmi: http://www.basic4ppc.com/index.html

Basic4Android untuk membuat aplikasi Android

     Basic4Android menyediakan berbagai libraries yang lumayan lengkap, sehingga Anda dapat membuat aplikasi yang dapat dijalankan pada berbagai versi Android, mulai dari 1.6 hingga 4.0. Anda juga dapat memanfaatkan semua fungsi yang ada di ponsel atau tablet Android Anda, mulai dari koneksi wi-fi dan bluetooth, kamera, GPS, hingga NFC. Soal teleponi (SMS, MMS, telpon) jangan khawatir, sepanjang gadget Anda bisa melakukannya, Anda pun bisa mengaksesnya.

Basic4Android memakai WYSIWYG sehingga mudah dipakai.
      Sepertinya, Basic4Android cukup mumpuni, terbukti para pemakainya sudah cukup banyak, mulai dari aplikasi jejaring sosial dan harga saham, hingga NASA pun membuat aplikasi berbasis Basic4Android ini untuk memonitor 16.000 sensor. Meskipun bahasa ini berbayar, mulai dari $34 (versi standar untuk satu user) hingga $249 (versi Site License dan untuk 30 users), ada versi trial-nya yang bisa dipakai selama 30 hari. Harga-harga itu sedang diskon lho.

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler