Aug 8, 2012

Lagu buat Lebaran dan Anti Korupsi

Ada dua lagu lama yang sangat saya sukai, yang pertama adalah Hari Lebaran yang dinyanyikan oleh Didi dan kedua Rayap-Rayap yang dinyanyikan oleh Mogi Darusman. Lagu Hari Lebaran sering saya dengarkan ketika masa kecil dulu, sekitar tahun 1970-an, dengan liriknya kira-kira begini:

     Setelah berpuasa satu bulan lamanya
     Berzakat fitrah menurut perintah agama
     Kini kita beridul fitri berbahagia
     Mari kita berlebaran bersuka gembira


Lagu Hari Lebaran dapat diunduh di sini dan lagu Rayap-Rayap dapat diunduh di sini.



Pada setiap hari Lebaran, RRI sering memutar lagu tersebut. Radio lain sudah ada belum ya? Tidak begitu ingat lagi saya. Ketika Internet sudah mulai memasyarakat, saya mulai mencari-cari lagu tersebut. Bertahun-tahun saya mencari, bertanya kepada teman dan beberapa penyiar radio yang saya kenal, meminta bantuan siapa saja untuk menemukan lagu itu. Akhirnya pada tahun 2009 saya memperoleh lagu itu dari 4shared.com. Namun sejak dua tahun lalu, lagu itu menghilang lagi dari sana. Tetapi Anda tidak perlu mencari-cari lagi, karena saya sudah menyimpan di dropbox saya.
     Lagu kedua adalah lagu yang sekitar tahun 1977 dilarang oleh pemerintah Orde Baru, karena berisi kritikan tentang maraknya korupsi (oh, ternyata tahun itu sudah banyak korupsi ya?). Dengan demikian, lagu ini boleh dibilang tidak pernah diperdengarkan ke publik. Sebagian lirik lagu ini adalah sebagai berikut:

     Kau tahu, rayap-rayap makin banyak di mana-mana
     di balik baju resmi merongrong tiang negara
     Kau tahu babi-babi makin gemuk di negeri kita
     mereka dengan tenang memakan kota dan desa

     Irama lagunya rancak, sehingga tidak membosankan untuk didengar. Menurut saya, lumayan bagus untuk menyuarakan anti korupsi di seluruh tanah air. Yah, minimal untuk tetap membangkitkan semangat optimisme memberantas korupsi :-)

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler