Dec 22, 2011

Membersihkan Data Dobel di BlackBerry

Info: Hati-hati mengikuti artikel ini, karena mengandung risiko untuk menghapus data Anda. Mintalah didampingi teman yang sudah berpengalaman bila Anda ragu mencobanya sendiri. 

Data kontak di BlackBerry saya banyak yang dobel. Mungkin dulu ketika saya tambahkan 3 akun email, fasilitas sinkronisasinya tidak saya matikan. Mungkin juga saya melakukan sinkronisasi melalui m.google.com/sync dari beberapa perangkat lain, yaitu iPhone dan ponsel Android. Akhirnya data yang harusnya sekitar 2000an, menjadi hampir 6000an. Untuk menghapus satu per satu, tidak mungkin. Saya coba sinkronisasi dengan Outlook, juga tidak mungkin, karena meskipun data kontak saya banyak yang kembar tiga (karena ada 3 akun email aktif di BB saya), masing-masing data kontak ternyata terhubung melalui masing-masing alamat email (lihat gambar di bawah). Outlook hanya dapat mensinkronisasi melalui satu alamat email saja (dianggap satu grup). Lalu bagaimana mengatasi hal ini?

Data kontak di BlackBerry saya dobel sesuai jumlah akun email.

     Saya sudah mencoba mematikan fasilitas sinkronisasi otomatis di BlackBerry. Akibatnya, kalau saya menambah data kontak di iPhone atau ponsel Android atau tablet-tablet saya, data di BlackBerry harus saya tambahi secara manual. Saya sudah mencoba sinkronisasi melalui Ms Outlook maupun Desktop Software, juga tidak berhasil, karena kedua aplikasi ini hanya melihat daftar kontak berdasarkan "media sinkronisasi". Seperti contoh di atas, meskipun ada tiga entri untuk satu data yang sama, tetapi Contact List atau media sinkronisasinya beda, karena melalui alamat email saya yang berbeda-beda. Jadi meski ada tiga data yang sama, tetap tidak dilihat sebagai data yang dobel.
     Saya sudah mencoba bertanya kesana-kemari, termasuk di forum maupun di milis. Jawaban yang saya terima tidak membantu, karena "coba matikan sinkronisasi emailnya", yang tentu saja sudah saya lakukan berkali-kali.
    Setelah berbulan-bulan mencari kesana-kemari, kini saya sudah menemukan cara untuk mengatasi masalah data kontak yang dobel. Tadinya saya menemukan aplikasi www.scrubly.com, tetapi aplikasi yang bagus ini, versi gratisnya hanya mau menganalisis sebanyak 250 data kontak saja. Lebih dari itu kita harus bayar $9.95 untuk sekali pakai, atau $24.95 untuk pemakaian selama setahun. Wah, sepertinya ini aplikasi kategori utility termahal yang saya jumpai.
    Akhirnya saya mencoba mencari menu-menu di Gmail. Ternyata di sana ada fasilitas untuk membuang atau menggabung data kontak yang dobel. Ketika Anda berada di layanan Gmail, kliklah menu Contacts di kiri atas. Lalu klik menu More, dan pilih Find & merge duplicate contacts... Dalam beberapa detik saja, hampir 1.000an data kontak saya yang dobel, sudah diatasi oleh Google. Lalu di-sync ke BB? Tunggu dulu, ada data kontak yang di-sync melalui email lain, harus dihapus dulu.
     Sebelum menghapus, backup-lah dulu data kontak Anda, bisa dengan aplikasi Desktop Software (di komputer Windows maupun Mac), atau melalui aplikasi di BB, misalnya BlackBerry Protect (gratis di BB AppWorld). Setelah itu, matikan dulu sinkronisasi data kontak dengan email Gmail Anda. Di BB, masuk ke menu Email setting, lalu matikan semua fasilitas sinkronisasi. Namun saya lebih memilih untuk menghapus semua akun email dari BB saya, nanti diinstal lagi, sekalian bersih-bersih.
Hapus data kontak: masuk ke aplikasi Contacts, Options, tekan RSET


     Cara menghapus data kontak di BlackBerry adalah sebagai berikut. Masuklah ke data kontak. Lalu tekanlah menu BB, pilih Options, lalu tekan huruf-huruf RSET (tidak akan tampil di layar, karena kode tersembunyi). Di layar akan muncul menu untuk menghapus data kontak Anda, berdasarkan alamat e-mail. Karena di BB saya ada tiga kelompok kontak berdasarkan tiga email di BB saya, maka saya ditanya tiga kali. Saya tinggal menjawab Yes atau No. Semua data kontak saya hapus. Jadi sekarang BB saya bersih dari email, bersih dari data kontak.
     Terakhir, saya tambahkan kembali akun email saya yang data kontaknya ingin saya samakan dengan data kontak BB saya, yaitu yang wing.stieykpn. Sinkronisasi saya hidupkan. Sedang dua akun email saya yang lain, saya matikan fasilitas sinkronisasi kontaknya. Tapi salah satu e-mail, saya aktifkan sinkronisasi kalendernya, agar jadwal saya di BB, iPhone, Android, iPad, Samsung Tab, notebook, dan komputer sekretaris saya, selalu tersinkronisasi. Mudah-mudahan, saya tidak kehilangan (atau malah kelebihan) data kontak dan kehilangan jadwal lagi.

Perhatian: bila Anda tidak paham dengan kegiatan saya di atas, jangan mengikutinya sendirian, karena ada kemungkinan data kontak Anda hilang dan saya sudah barang tentu jangan dituntut ke pengadilan gara-gara artikel saya ini. Mintalah bimbingan dari teman Anda yang sudah berpengalaman.

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler