Jan 21, 2012

Aplikasi Forum untuk Android, BlackBerry dan iPhone

Anda sering mengunjungi situs yang berbentuk forum? Situs forum biasanya berbentuk tabel, di kolom sebelah kiri ada topik tulisan, di kolom sebelah kanan ada jumlah pengunjung yang sudah membaca topik tersebut. Untuk dapat membaca tulisan, Anda tidak harus login. Akan tetapi, ketika Anda ingin membalas tulisan, atau ingin memulai topik diskusi baru (apabila diperkenankan oleh moderator), maka Anda harus login dulu (berarti harus mendaftar dulu dan di beberapa situs, Anda harus menunggu persetujuan dulu). Salah satu contoh forum adalah kaskus.us. Situs forum biasanya di PC, karena terhitung aplikasi yang berat. Kini sudah ada situs berbentuk forum yang khusus ditujukan untuk BlackBerry dan iPad (tapi diinstal di iPhone tidak ada masalah).

Forum iPad dapat diinstal di iPhone

 

BB Forum, tersedia di Bb App World
     Apa keunggulan forum? Mungkin dapat dikatakan, forum diciptakan untuk menggantikan milis (mailing list). Pada milis, anggota harus mendaftar agar dapat membaca dan menjawab pesan yang ditulis oleh seorang anggota. Satu anggota mengajukan pertanyaan atau menyampaikan informasi, sementara anggota lain ada yang menawarkan barang dagangan, dan sebagainya. Namun kelemahan utama milis adalah: 1) topik lama-lama yang mungkin masih relevan, akan berada jauh di bawah sana, karena setiap hari akan masuk email-email baru; 2) hanya dapat dinikmati oleh anggota milis (meskipun sebenarnya bisa juga dibuka diskusinya melalui alamat situsnya langsung, tidak melalui email, dengan catatan, kalau disetting bisa seperti itu).

Forum Android Indonesia ada di forum.android.or.id

     Kalau dulu forum hanya dapat dinikmati di PC, sekarang forum sudah banyak tersedia di ponsel maupun tablet. Untuk iPad, forumnya (iPad Forum) dapat dicari di AppStore. Android memiliki lebih banyak lagi forum yang semuanya ada di Android Market, misalnya Android Forum (droidnetwork.net), Android Tablet Forum dan Droid Forum. Ada juga BlackBerry Forum juga dapat ditemukan di BB AppWorld. Nah, silakan segera mencari forum yang sesuai dengan minat Anda. Jangan lupa, untuk mengikuti aturan yang ada dan bisa berbeda-beda antara satu forum satu dengan forum lainnya. Namun salah satu aturan yang standar adalah: anggota baru wajib memperkenalkan dirinya kepada anggota lain.

Artikel terpopuler