Jan 20, 2012

Sinkronisasi Kalender antara iPhone dan Gmail

Sambil menunggu giliran bicara di sebuah forum diskusi, ngeblog via iPhone dulu ah. Kali ini tentang cara menyamakan kalender di Gmail dengan kalender di iPhone. (Untuk ponsel BlackBerry dan Android juga akan saya bahas di artikel terpisah).
     Kalau Anda punya banyak kegiatan, entah rapat, bertemu teman lama atau klien atau calon pelanggan, jadwal kuliah, jadwal kursus, atau kegiatan lain, ada baiknya Anda mencatat jadwal Anda, entah melalui ponsel, tablet, atau melalui komputer. Memang yang paling praktis adalah mencatat jadwal Anda di ponsel, karena praktis dibawa-bawa. Namun sebenarnya alangkah baiknya Anda men-sinkronisasi jadwal yang Anda buat di ponsel dengan komputer. Selanjutnya Anda dapat mensinkronisasinya dengan perangkat lain, seperti ponsel BlackBerry dan Android.

Setting kalender di iPhone agar sinkron dengan Gmail


     Kalau Anda memiliki iPhone, langkah-langkah untuk mencatat dan mensinkronisasi jadwal adalah sebagai berikut.
  1. Buat akun email di Gmail. Ya, baru Gmail yang mudah untuk disinkronkan dengan berbagai perangkat. Untuk membuat akun email gratis, tidak perlu diuraikan di sini bukan?
  2. Masukkan alamat email Anda di iPhone. Caranya, jalankan ikon Settings lalu pilih Mail, Contacts, Calendars, lalu klik Add Account...
  3. Pilih Gmail, lalu isilah Name dengan nama lengkap Anda, Address dengan alamat email yang Anda buat di langkah 1, Password dengan kata sandi (juga dari langkah 1), Description diisi dengan keterangan bebas. Setelah selesai klik Next. Selanjutnya akan tampak seperti pada gambar di atas.
  4. Aturlah sinkronisasinya, bisa salah satu dari kalender, kontak, maupun catatan. Anda juga dapat mengaktifkan ketiganya. Namun kalau Anda hanya memerlukan kalendernya saja, maka aktifkan kalender saja. Caranya tinggal mengatur on-off pada masing-masing item.
  5. Kalau sudah, tekan tombol Mail... di kiri atas lalu tekan tombol Home untuk kembali ke layar depan.
Selanjutnya apabila Anda menginput jadwal Anda di iPhone, otomatis akan masuk atau tersinkronisasi ke akun Gmail. Sebaliknya, bila Anda menginput jadwal Anda di Gmail melalui komputer, dalam beberapa detik kemudian jadwal di iPhone sudah akan sama dengan jadwal di Gmail. Apabila Anda memiliki BlackBerry, ponsel atau tablet Android, Anda juga dapat mensinkronisasinya langsung. (Pembahasan mengenai ini ada di artikel lain di blog ini).

Artikel terpopuler