Mar 24, 2012

BlackBerry Blade

Setelah mendapat saingan berat baik dari iPhone dan berbagai jenis ponsel berbasis Android, belum lagi kemunculan Windows Mobile yang dipakai oleh Nokia Lumia, RIM agaknya merasa perlu untuk membuat senjata baru. Belum lama ini beredar rumor, entah resmi atau tidak, RIM akan mengeluarkan BlackBerry Blade. Prosesor yang digunakan tidak tanggung-tanggung, yaitu 1,5 GHz quad-core. Layarnya menggunakan teknologi AMOLED seluas 4,5 inci dengan kerapatan piksel 720 x 1280. Bagaimana dengan kinerja dan kameranya?

BlackBerry Blade, prosesornya 1,5GHz quad-core

     Blade dilengkapi dengan kamera yang tidak main-main. Kamera depan 5 MP dan kamera utama 12 MP yang dapat digunakan tidak hanya untuk memotret, tetapi juga dapat digunakan untuk merekam video berkualitas 1080 piksel pada kecepatan 60 frame per detik. Ini sudah seperti kemampuan kamera video pada umumnya. BlackBerry yang mengadopsi sistem geser ini dilengkapi dengan kamera AMOLED yang sangat kuat karena menggunakan teknologi Gorilla glass (seperti pada iPhone 4 dan 4s). Meskipun layarnya dapat menerima sentuhan di beberapa tempat sekaligus, namun Blade masih dilengkapi dengan empat tombol fisik seperti pada seri-seri sebelumnya.
     Slot untuk berhubungan dengan perangkat lain ada MicroHDMI (jadi Anda dapat melihat tampilan layar Blade di televisi digital Anda), MicroVGA (untuk menghubungkan Blade dengan monitor PC atau proyektor), microUSB seperti pada BB seri-seri terdahulu yang selain untuk menghubungkan dengan komputer juga berfungsi sebagai pengisi baterai, serta slot MicroSD.
     Koneksi ke Internet disediakan melalui jalur 3G, 4G LTE, dan Wi-Fi. Belum ada kejelasan apakah sudah disertai dengan teknologi NFC (Near Field Communication), meskipun mestinya sudah, karena NFC sudah banyak dipasang di ponsel-ponsel kelas atas. BlackBerry yang modis dan berbeda dari bentuk-bentuk BB lainnya ini terbuat dari bahan campuran antara alumunium dengan akrilik, namun belum terlihat selain berwarna hitam. Kapan BB Blade beredar di pasar? Itu pertanyaan yang ada di benak para pecinta BB.

Artikel terpopuler