Mar 13, 2012

Mengatasi BlackBerry Lemot

Lemot maksudnya sangat pelan, seringkali ditandai munculnya tanda jam dengan jarum yang berputar terus. Salah satu hal yang paling sering menyebabkan BlackBerry lemot adalah habisnya memori internal yang tersedia. Beberapa seri BB memiliki memori internal yang berbeda. Curve 8520 Gemini memiliki RAM 256 MB, sedang Bold 9700 Onyx dan Curve 9200 3G memiliki RAM 256 MB dan ROM 256 MB. Tidak jelas yang ROM ini untuk apa. Curve 9380 memiliki RAM 512 MB dan yang paling keren adalah Torch 9860 karena memiliki RAM 768 MB (dan beberapa seri lainnya).
     Untuk mengetahui berapa sisa memori internal BB Anda, cukup mudah. Bila Anda menggunakan OS 5.0, dari layar depan, klik menu BB, Options, Memory, akan terlihat berapa Free Space memori Anda. Pada OS 6.0, dari layar depan, klik menu BB, Options, Device, Storage. Kalau sisa memori Anda sudah di bawah 5 MB, maka kinerja BB Anda sudah tidak gegas lagi dan sudah waktunya untuk di-booting ulang.

Memori internal BB masih banyak (kiri) dan hampir habis (kanan).

     Memori internal adalah memori bawaan BB. Memori ini digunakan untuk menyimpan OS (sistem operasi) BB yang berkisar 160-190 MB, ditambah dengan aplikasi lain. Semakin banyak aplikasi yang Anda instal, semakin menguras isi memori internal. Di sisi lain, koleksi foto dan lagu Anda tidak akan memakan tempat di memori internal, melainkan di memori eksternal yang berupa kartu SD. Jadi percuma saja Anda menghapus foto dan lagu bila dimaksudkan untuk menambah memori internal.
     Saya sudah mencoba dengan senjata Alt-LGLG atau aplikasi bawaan Shredder untuk mengurangi memori yang mendekati penuh, tetapi tidak banyak membawa hasil, karena kedua langkah itu hanya akan membebaskan memori sekitar 200 KB. Padahal kalau sisa memori BB kita sudah di bawah 10 MB, kinerjanya sudah mulai melambat. Kalau sudah di bawah 5 MB, akan sering muncul gambar jam di layar. Kalau sudah habis (tinggal 0 MB), maka dapat Anda bayangkan sendiri apa yang terjadi. BB tidak mau bereaksi lagi (sebenarnya mau, tetapi harus menunggu beberapa menit).
     Bagaimana cara terbaik untuk mengatasi memori internal yang sudah menipis? Langkah paling mujarab adalah melepas baterai (cukup beberapa detik saja lah). Atau langkah sejenis yang lebih elegan adalah dengan menekan tombol Alt kiri-Shift aA kanan-Del. Kalau BB yang tidak memiliki keyboard fisik, adakah langkah sejenis? Saya dulu memakai Storm dan tidak tahu cara membooting tanpa mencopot baterai :-P
     Anda perlu melakukan booting ulang ini ketika sedang tidak terburu-buru akan menelpon atau berbual dengan teman Anda. Jadi, ketika haru sudah menjelang sore, periksalah memori internal Anda. Kalau kebetulan lagi senggang, lakukan booting ulang. Langkah ini memang menyebalkan karena memerlukan waktu beberapa menit. Kalau Anda orang yang sangat sibuk berkomunikasi dengan BB, dalam sehari bisa booting 2-3 kali, bila memori internal Anda hanya 256 MB.
     Bagaimana menghindari masalah BB lemot ini? Pertama, paling enak pilihlah BB yang memori internalnya besar, misalnya 768 MB. Kedua, jangan terlalu banyak memasang aplikasi yang jarang Anda gunakan. Bila perlu, buang game, bahasa, dan theme yang tidak Anda gunakan. Ketiga, ini yang juga saya lakukan tapi tidak saya anjurkan, milikilah beberapa BB. Satu BB untuk satu komunitas atau satu keperluan...hehehehe

Artikel terpopuler