Mar 24, 2012

Mengatasi BBM Group yang Bermasalah

Bila Anda memakai BlackBerry, biasanya Anda tergabung dalam sebuah BBM Group ya? Anggota grup maksimum 30 orang. Pernahkah Anda dan teman-teman mengalami masalah ini: ada beberapa anggota grup yang tidak dapat membaca pesan yang ditulis oleh anggota grup lain? Tentu saja anggota grup ini akan bingung karena di BBM Group tiba-tiba seorang teman menulis "Oh, terima kasih bu atas infonya", padahal anggota grup ini tadi tidak melihat pesan-pesan lain sebelumnya. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut ini penjelasannya.

Pernahkah anggota BBM Group Anda bermasalah?

     Pada awalnya saya menduga, mungkin karena sistem operasi (OS) atau versi aplikasi BBM-nya yang saling berbeda jauh. OS ada yang masih memakai versi 4.x, sementara sebagian teman yang lain sudah memakai OS versi 5, 6, dan 7. Teman-teman yang pakai OS 4.x akhirnya pada saling bantu meng-update ke versi 5 atau 6. Lalu aplikasi BBM-nya, semua di-update ke versi terbaru (versi 6.1.x). Ternyata, masalah teratasi, semua teman dapat saling membaca dan membalas pesan. Namun dalam beberapa hari saja, masalah semula timbul lagi. Beberapa teman tidak dapat saling membaca, apalagi saling membalas pesan. Bahkan, jumlah anggota grup terdaftar pun berbeda-beda, ada yang melihat ada 20, ada 18, bahkan ada yang melihat 24 anggota. Oh ya, waktu itu, adminnya ada tiga orang, dengan perangkat BB dan OS yang berbeda-beda. Saya jadi yakin, masalah ini tidak disebabkan oleh perbedaan handset, OS, maupun versi aplikasi BBM.

     Saya lalu mencoba membuat grup baru, semua teman yang ada di grup lama saya undang satu persatu. Lebih tepatnya, tiga orang saya undang dulu, ternyata dapat saling melihat. Satu jam kemudian, saya undang tiga orang lagi. Demikian seterusnya setiap jam. Setelah sehari-semalam kira-kira, semua anggota sudah terkumpul semua, dapat saling membaca, saling membalas, baik teks maupun gambar. Admin tetap saya pegang, artinya, yang bisa mengundang hanya saya. Setelah semua anggota terkumpul, barulah saya angkat dua teman lain untuk menjadi admin juga. Hal ini wajib dilakukan, siapa tahu BB saya tidak berfungsi atau hilang, maka admin dapat digantikan oleh teman lain. Finally, all the group members are very happy ever after ... :-)

Artikel terpopuler