Nov 15, 2011

Buku Let's Android the World

Setelah berkutat dengan ponsel berbasis Android selama kurang lebih dua minggu, sambil dicatat dan diingat, akhirnya saya dan dua teman saya, mas Arif Nurhadi dan mas Bramastyo Ide Nugroho, telah menyelesaikan sebuah buku tentang Android pada bulan Mei 2010 yang lalu.


Buku ini terdiri atas 7 bab. Bab 1, 2, 3 membahas pengenalan ponsel berbasis Android. Di bagian awal ini Anda dibimbing cara menggunakan ponsel berbasis Android, terutama aplikasi-aplikasi bawaan.

     Bab 4-5-6-7 akan membimbing Anda seperti “mendapatkan sabuk hitam” di dunia Android. Pada bagian ini Anda akan dibimbing meng-upgrade sistem operasi Android dari versi 1.5 (Cupcake) ke 2.1 (Eclair). Ponsel yang dicontohkan adalah Samsung Spica. Setelah upgrade ke 2.1, Anda akan dikenalkan dengan berbagai aplikasi yang hanya jalan di 2.1 dan tidak di 1.5 (misalnya: Google Market, Live Wallpaper).
     Selain itu Anda akan dibimbing untuk melakukan rooting dan melakukan partisi kartu memori agar program yang diinstal tidak memenuhi memori, tetapi tersimpan di SD Card.
Dilihat dari isinya, buku ini memang memenuhi keinginan para pecinta Android, mulai dari yang masih “bersabuk putih” hingga yang ingin mendapatkan “sabuk hitam”.
     Buku ini penuh dengan tampilan layar berbagai proses yang dilakukan selama proses instal aplikasi dan upgrade sistem. Daftar isi dan sedikit informasi mengenai buku ini dapat diunduh di bagian box blog ini. Buku sedang dalam proses cetak, sangat diharapkan sudah dapat beredar pada bulan Mei ini. Kami bertiga berusaha dapat beredar pas hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2010 nanti. Doakan saja semoga pihak percetakan dan penerbitan tidak menemui kendala.
Let’s Android the World!

No comments:

Post a Comment

Artikel terpopuler