Nov 2, 2011

Melirik Kehebatan iPhone

Ponsel iPhone sudah muncul beberapa tahun yang lalu, mulai dari seri iPhone berteknologi 2G, 3G, lalu disusul 3GS dan iPhone 4 dan kini sudah beredar iPhone 4S. Keunggulan iPhone, seperti juga keunggulan saudaranya yaitu notebook Mac, terletak pada tampilannya (user interface) yang cantik. Sudah barang tentu didukung dengan kinerjanya yang tergolong cepat.

Tampilan iOS 5.0.0

    Satu hal yang membuat iPhone tidak banyak dimiliki saya kira karena harganya yang terhitung mahal. Menurut saya, iPhone memang memiliki kemampuan sebagai komputer, selain sebagai ponsel pintar tentu saja. Lihat saja aplikasinya yang tersedia di AppStore (iTunes) yang jumlahnya lebih dari 100 ribuan aplikasi. Anda juga dapat melihatnya di apptrackr[.]org atau iphonecake[.]com dan masih banyak lokasi-lokasi lainnya.
    Memangnya untuk apa aplikasi sebanyak itu? Tergantung kebutuhan dan hobi Anda. Beberapa aplikasi yang saya suka ada di bagian aplikasi bisnis, aplikasi personal, aplikasi multimedia, dan aplikasi permainan. Aplikasi bisnis misalnya ada program untuk membuat faktur atau invoice (Invoice2Go), aplikasi office (QuickOffice dan Spreadsheet), program statistik dari deskriptif hingga regresi sederhana (iStatistics). Masih ada dua aplikasi database yang saya pasang, yaitu untuk membuat formulir (Tap Forms) dan database (iDatabase). Untuk mengembangkan ide melalui mind-mapping, saya memakai Maptini.
    Aplikasi personal adalah aplikasi yang saya pakai untuk mempermudah saya mengatur dan mengorganisasi kegiatan saya. Di sini ada aplikasi Contacto dan ExcelContacts untuk mengolah data kontak dan jadwal saya. Untuk berbagai catatan lain saya memasang Awesome Note dan Pocket Informant. Untuk mencatat pengeluaran, saya pasang iSpend dan Bill Minder.

Music Studio, memainkan band dari iPhone
Music Studio
    Aplikasi multimedia lebih luar biasa lagi. Urusan musik, gambar, video, suara, Apple memang jagonya. Saya sangat menyukai berbagai aplikasi untuk menyunting foto dan video, karena di iPhone prosesnya sederhana namun hasilnya setara dengan program di PC. Saya memasang FaceDouble untuk menukar wajah 2 orang, lalu ada Scanner Pro utk memotret dokumen dan hasilnya mirip hasil scan.
     PicSketchPro saya pakai utk mengubah foto menjadi lukisan tangan. ImagePro dipakai utk mencari gambar dengan cara yang lebih praktis dibanding Google sekalipun. Anda cukup tulis Yogya, dalam beberapa detik beberapa gambar tentang Yogya sudah muncul di layar. Masih ada lagi PhotoMemo, MultiPhoto, dan CardStudio. Saya juga memasang program DrumKit Pro dan Drums utk sekadar bermain drum. Kita bisa memainkan lagu kemudian kita mencoba mengiringinya dengan permainan drum.
     Kalau mau memakai gitar, ada Accoustic Guitar, BassGuitar, dan Chords. Untuk piano, saya pasang Grand Pro. Anda suka karaoke? Saya pasang Karaoke Deluxe dan Karaoke Pro. Nada dasar bisa dinaik-turunkan, tempo lagu bisa dipercepat dan diperlambat. Anda ingin mengaransemen lagu? Saya pasang Music Studio, yang di dalamnya ada berbagai alat musik, dari piano akustik, piano elektrik, gitar dengan berbagai jenisnya, terompet, flute, harpa, drum, dan sebagainya. Hasilnya bisa berupa lagu yang dimainkan oleh sebuah band besar.

Ada "pelajaran" bongkar pasang senjata 

     Aplikasi permainan apalagi, jangan ditanya seperti apa hebatnya. Banyak aplikasi game yang filenya berukuran ratusan MB! Ada sepakbola, balapan, atau sekelas simulasi seperti SIM City. Saya pasang SIMS3, Toy Story Mania, Crazy Chicken, Desert Slug, Mayan Puzzle, dan tentu saja ada program Chess dan Mahjong.
     Untuk aplikasi pribadi, saya memasang tiga aplikasi yang berkaitan dengan Al Quran (iQuran, Holy Quran, alQuran) plus iSalat. Bacaan berupa buku elektronik (bukan PDF lho!) ada BMW Auto Plus, World Facts dan Factbook (edisi 2010+2011), dan ada pengembangan aplikasi untuk iPhone (ada dua ebook). Ssst, saya pasang juga simulasi bongkar pasang senjata, ada 3 jenis, UZI, MP5, dan AK47. Bisa dituduh mau jadi calon teroris nih jangan-jangan…hiiiksss…
     Selain aplikasi di atas, sudah barang tentu aplikasi seperti e-mail, browsing, “BBM”-an (bahkan bisa chat juga ke BB dan Android, saya pakai cnectd), serta posting ke blog, facebook, tweeter, dan foursquare, pasti ada. Kini di iPhone saya sudah terpasang sekitar 80-an aplikasi, 50-an video, 750-an lagu, serta 100-an foto. Dengan iPhone, saya merasa lebih lengkap melakukan kegiatan saya, baik bersosialisasi, bekerja, maupun bersenang-senang bersama keluarga.
     Meskipun demikian, saya juga tetap membawa beberapa ponsel lain, baik BlackBerry, Symbian, maupun Android.

3 comments:

  1. artikelnya sangat menarik

    ReplyDelete
  2. walau pun saya tidak mempunyai iPhone, stlah membaca artikal ini saya jadi tau tentang iPhone..........
    trima kasih............

    ReplyDelete
  3. Anonymous5/12/11 18:24

    Hahahaha :D ampun deh pak wing kalo jailbreak apaapa . disangka teroris lho pak , ajari sedikit ilmunya dong pak , nannti mau jailbreak iPhone 5S , hahahaha :D . tapi sayangnya wing job eh steave job udah meninggal ya pak , sedih deh . nanti aku yg nyiptain , hahahaha :D .

    ReplyDelete

Artikel terpopuler