Nov 30, 2011

Membuat Hotspot Pribadi dengan Tab 8.9

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Tab 8.9 adalah dapat dijadikan personal router atau pemancar hotspot pribadi. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu mencari-cari sinyal hotspot atau wifi untuk terhubung ke Internet. Anda hanya perlu sedikit mengatur Tab 8.9 Anda, lalu ambil gadget Anda yang lain, boleh BlackBerry, iPhone, iPad, netbook atau notebook, dan sebagainya. Maksimal hingga 5 perangkat bisa Anda hubungkan ke personal hotspot ini. Silakan teruskan membaca kalau Anda ingin mengatur setting hotspot dan menggunakannya dari perangkat Anda lainnya.

Tampilan untuk mengatur personal hotspot di Samsung Tab 8.9"

   Untuk menjadikan Tab 8.9" Anda sebuah pemancar hotspot pribadi, sederhana saja kok langkah-langkahnya. Mulai dari layar depan (home screen) ya... Lalu tap artinya sentuh dengan jari ;-)

  1. Tap gambar baterai di sudut kanan bawah, lalu pilih Settings, sehingga tampak tampilan seperti di atas.
  2. Tap menu Wireless and networks, Tethering and portable hotspot.
  3. Tap (beri tanda centang) pada Portable Wi-Fi hotspot.
  4. Tap Configure portable Wi-Fi hotspot untuk memberi nama hotspot Anda (pada contoh ini: Butoijo), jenis sekuriti (pilih WPA2 PSK) dan password untuk mengakses hotspot Anda (terserah Anda deh). Tampilannya seperti gambar di bawah ini.
  5. Klik Save untuk kembali ke tampilan Settings, dan tap Home untuk keluar dari menu Settings.
Mengatur konfigurasi hotspot dari Tab 8.9
Saat ini personal hotspot Anda sudah aktif.  Di daerah kanan bawah sudah ada ikon sinyal pemancar hotspot Anda. Anda sudah siap mengaktifkan gadget Anda agar terhubung ke personal hotspot (boleh notebook, BlackBerry, iPad, dsb). Caranya: aktifkan fungsi wi-fi pada perangkat Anda, kalau ketemu sinyal Butoijo (dalam contoh ini) lalu sambungkan. Isilah passwordnya dengan yang Anda tentukan di langkah 4. Bila sudah terhubung, Anda dapat Internetan di gadget Anda, dan sudah tentu di Samsung Tab 8.9 Anda).

Teman atau pacar Anda, bisa bergabung juga ke hotspot Anda, asal Anda beritahu password-nya.
Bila sudah selesai Internetan, jangan lupa mematikan fungsi wifi di gadget Anda. Matikan juga fungsi pemancar hotspot dari Samsung Tab 8.9 Anda. Caranya: jalankan langkah 1-3 di atas untuk menghilangkan tanda centangnya.

BlackBerry terhubung ke hotspot dari Tab 8.9

Fitur personal hotspot ini juga didukung oleh sistem operasi Android 3.1 HoneyComb. Jadi kalau Anda punya tablet pc merek lain tetapi juga menggunakan Android 3.1, kemungkinan besar akan memiliki fitur yang sama. Kabari kami di sini ya bila Anda sudah mencobanya... :-)

9 comments:

  1. ok saya udah lumayan bisa walaupun ngasal pak ........ ini dari mahasiswa yang ingin tahu akan BLOG

    ReplyDelete
  2. Anonymous3/12/11 11:31

    soal kecepatan gmana ni pak ? kalo sama wifi yg asli ?

    ReplyDelete
  3. #adigakmutu: semua wifi asli, hanya asalnya yang berbeda2. Seperti juga wifi lainnya, wifi yg berasal dari Tab juga bisa cepat, misalnya kalau saya lagi dapet HSDPA, wifinya ya cepet juga...

    ReplyDelete
  4. pak apakah kecepatan hotspot dapat ditingkatkan ?

    ReplyDelete
  5. apakah dengan menggunakan cara seperti ini dapat membuat baterai hand phone cepat habis pak??

    ReplyDelete
  6. kecepatannya gmana pak?

    ReplyDelete
  7. #dunia aneh #andhika: kecepatan hotspot sangat tergantung pada provider asalnya (misal: pakai Three pas cepet, hotspot akan cepet juga), dan semakin banyak user, semakin lambat ya...
    #unoox: baterai samsung tab sebagai pemancar pasti akan lebih boros :-( tapi pernah saya pakai semalam penuh, cuma berkurang separo kok :-)

    ReplyDelete
  8. gmna cranya masang wifi dirumah ?

    ReplyDelete
  9. Galaxy Mini isi Gingerbread 2.3.4 juga ada fitur ini pak :)
    Tapi kasihan baterainya, cepat panas dan boros. Jadinya kalau di rumah mau share koneksi internet saya balik, SIM GSMnya saya pasang ke modem USB dan konek lewat laptop, baru dari laptop saya share via wifi

    ReplyDelete

Artikel terpopuler